Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid mengaku optimis dan yakin pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan terwujud pada tahun 2024.

"Banyak orang meragukan target itu tidak akan tercapai namun saya dan seluruh bangsa harus optimis," kata Jazilul dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Hal itu dikatakannya saat menghadiri peringatan Nuzulul Quran dan Selamatan 24 Tumpeng yang digelar Gerakan Nasional Nusantara Mengaji di Titik Nol, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (20/4).

Baca juga: Jazilul: Nusantara Mengaji gelar pengajian di IKN Nusantara

Jazilul mengakui, menurut hitung-hitungan yang dipaparkan beberapa orang, sulit untuk mewujudkan IKN di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Ada orang bilang perlu Bandung Bondowos untuk menyelesaikan pembangunan IKN di masa-masa akhir pemerintahan Presiden Joko Widodo. Namun dengan keyakinan dan optimisme, saya yakin IKN akan terwujud," ujarnya.

Dia menilai, agar IKN yang ada segera terealisasi, diharapkan pembangunan Istana Negara dan Gedung Parlemen segera terwujud sebagai langkah pertama.

Menurut dia, apabila IKN terwujud maka akan ada pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) secara masif, dan kawasan yang ada dibagi dengan baik, mana untuk kawasan perkantoran, pendidikan, hunian, rumah sakit, usaha, dan tempat yang lain.

Ketua Koordinator Nasional Nusantara Mengaji itu juga mengajak kepada semua pihak untuk bekerja keras dalam mewujudkan IKN yang dicita-citakan.

Menurut dia, pemindahan IKN merupakan solusi untuk memeratakan pembangunan karena selama pembangunan hanya terfokus di Pulau Jawa.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Wakil Ketua MPR yang juga Ketua Koordinator Nasional Nusantara Mengaji Jazilul Fawaid, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, dan sejumlah anggota DPR RI, DPRD Kaltim.

Baca juga: Bamsoet dorong Densus 88 terus usut kelompok teroris NII
Baca juga: Ketua MPR minta Kemenaker bentuk tim khusus tangani aduan THR
Baca juga: Ketua MPR minta pemerintah antisipasi kemacetan lalu lintas mudik

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022