Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih meminta masyarakat bersiap-siap menghadapi musim pancaroba sekarang ini yang biasanya rentan muncul berbagai penyakit, terutama bagi yang menderita asma yang sensitif terhadap kondisi cuaca.

"Seperti biasa, di musim pancaroba ini, bagi yang berpenyakit asma agar hati-hati, terutama yang berusia tua," kata Menkes ketika ditemui usai seminar Patient Safety dan Pencegahan Pengendalian Infeksi di Jakarta, Senin.

Selama musim pancaroba, jumlah pasien asma di rumah sakit khusus paru disebut Menkes seringkali meningkat pesat sehingga diharapkan agar masyarakat dapat bersiap-siap untuk menghindarkan risiko kesehatan berat.

"Karena cuacanya gak karuan, asma seringkali kambuh. Jadi agar sedia obat bagi yang punya penyakit asma. Yang punya keluarga tua juga agar tolong diperhatikan, gizinya, dan cuacanya," ujar Menkes.

Selain asma, berbagai penyakit yang biasa muncul akibat banjir di antaranya infeksi saluran pernapasan, dermatitis, diare, demam berdarah, dan leptospirosis.

Menkes menyebut dinas kesehatan masing-masing wilayah telah mulai melakukan antisipasi bagi penyakit yang seringkali muncul sebagai akibat musim penghujan atau banjir yang melanda beberapa daerah.

(A043/A011)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011