Jakarta (ANTARA) - British Chamber of Commerce Indonesia (BritCham) atau Kamar Dagang Inggris-Indonesia menunjuk seorang Warga Negara Indonesia (WNI) Vice Chairman, ASEAN & Presiden Komisaris Indonesia untuk Standard Chartered Bank Rino Donosepoetro sebagai Ketua Britcham untuk pertama kalinya dalam 42 tahun.

Rino Donosepoetro secara resmi menggantikan Olly Riches yang kini berpindah ke Singapura setelah ditunjuk sebagai Senior Managing Director, SEA, Page Group.

"Penunjukan Rino Donosepoetro sebagai Chairman of the Board merupakan langkah yang progresif dan menarik. BritCham memiliki board yang beragam dan terwakili dengan baik. Langkah ini tentu akan membantu memajukan BritCham dalam dalam mengejar tujuan utama memajukan hubungan perdagangan dan investasi antara Inggris dan Indonesia," kata Olly Riches dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Britcham apresiasi rencana insentif investasi vokasi dan inovasi

Rino Donosepoetro telah bekerja selama 25 tahun di Standard Chartered, dan memiliki pengalaman bekerja di tujuh negara di kawasan Asia, Eropa dan Amerika Selatan, dimana tiga di antaranya sebagai Country CEO.

Saat ini ia juga duduk di sejumlah board internasional termasuk UK-ASEAN Business Council, Digital Venture Audax Ltd, serta menjabat sebagai Deputy Co-
Chair di B20 Finance and Infrastructure Task Force.

"BritCham telah memainkan peran yang semakin strategis dalam mendorong hubungan perdagangan dan investasi yang lebih erat antara pelaku bisnis Inggris dengan rekanannya di Indonesia, khususnya di bidang sustainability, pendidikan, teknologi, dan kesehatan," ungkap Rino.

Ia berencana untuk mengembangkan lebih lanjut capaian Ketua Britcham sebelumnya dalam memberikan nilai tambah bagi para anggota dan untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi antara Inggris dan Indonesia.

Baca juga: Kepercayaan investor Eropa berbisnis di Indonesia dinilai masih tinggi
 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022