Makassar (ANTARA) - Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Hasanuddin menyetujui pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) PPDGS Ilmu Penyakit Mulut dan Prodi S3 Ilmu Kedokteran Gigi pada Fakultas Kedokteran Gigi (FKG).

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Ir Muh Restu MP, dalam keterangannya di Makassar, Kamis, menjelaskan sebelum sampai pada permintaan persetujuan MWA, usulan pembukaan prodi di FKG Unhas telah melalui serangkaian proses dari tingkat fakultas hingga Senat Akademik.

Hal ini merupakan mekanisme dan ketentuan pembukaan program studi yang berlaku di Unhas sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH).

Baca juga: FKG Unhas gelar konferensi internasional ICoBTD bahas teknologi baru

"Prodi yang diusulkan ini sangat dibutuhkan untuk menghadirkan lulusan berkualitas dan dapat berkontribusi dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat. Kita berharap dua prodi ini bisa mendapatkan persetujuan dan bisa segera hadir untuk memberikan pelayanan akademik," ujarnya.

Sementara itu, Dekan FKG Unhas Prof drg Muhammad Ruslin, MKes PhD SpBM (K), menyampaikan pendirian prodi PPDGS Ilmu Penyakit Mulut maupun S3 Ilmu Kedokteran Gigi merupakan bagian dari rencana pengembangan dan komitmen FKG untuk terus memberikan dan menghadirkan pelayanan akademik yang optimal serta disesuaikan dengan perkembangan dunia kedokteran gigi.

Prof Ruslin menuturkan kebutuhan dan aksesibilitas masyarakat terhadap kesehatan gigi spesialis semakin meningkat. Prodi PPDGS Ilmu Penyakit Mulut merupakan salah satu bidang kajian kesehatan rongga mulut, dimana kualitas kesehatan berkaitan dengan kondisi sistematik.

Prodi ini telah dicanangkan sejak 2017. Di Indonesia, baru ada tiga prodi sejenis yang tersedia.

Sementara itu, untuk Prodi Doktor Ilmu Kedokteran Gigi mempunyai keunggulan pada pemanfaatan marine biomaterial technology dalam bidang kedokteran gigi dasar, klinik dan komunitas.

Baca juga: FKG Unhas selenggarakan operasi bibir sumbing peringati HUT ke-39

Baca juga: FKG Unhas dan UI perkuat kerja sama pengembangan Tri Dharma PT


Saat ini, baru lima prodi S3 Ilmu Kedokteran Gigi di Indonesia. Sehingga, ketika berhasil mendapatkan persetujuan MWA, Prodi S3 Ilmu Kodekteran Gigi FKG Unhas menjadi yang keenam dan yang pertama di bagian Timur Indonesia.

"Mengenai sumber daya, kami telah menyediakan sumber daya manusia berkualitas. Kesiapan sarana prasarana juga telah dipersiapkan secara matang untuk membantu proses pembelajaran," ucap Prof Ruslin.
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022