Purwokerto (ANTARA) - RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto menyalurkan bantuan paket sembako dari sejumlah perbankan yang ada di Kabupaten Banyumas untuk masyarakat sekitar rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah itu.

"Ini rutin, tiap tahun kami bekerja sama dengan instansi untuk memberikan bingkisan lebaran dalam bentuk sembako dengan pertimbangan dapat langsung dimanfaatkan oleh penerima," kata Pelaksana Tugas Direktur RSMS Purwokerto dr. Untung Gunarto, Sp.S., M.M. usai penyerahan paket sembako secara simbolis di Lobi Gedung Utama RSMS Purwokerto, Kamis.

Baca juga: RSMS Purwokerto salurkan 1.000 paket alat pencegahan COVID-19

Dalam hal ini, instansi yang terlibat dalam penyaluran paket sembako tersebut sebagian besar merupakan perbankan yang terdiri atas Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, dan Bank Jateng serta Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Sehat.

Untung mengatakan jumlah bingkisan yang dibagikan kepada masyarakat mencapai kisaran 2.600 paket dan akan didistribusikan kepada warga yang bermukim di kelurahan sekitar RSMS Purwokerto maupun desa-desa binaan rumah sakit itu.

Pihaknya telah mendata warga yang berhak menerima bantuan paket sembako tersebut sesuai dengan kriteria agar tepat sasaran.

Baca juga: RSMS Purwokerto luncurkan tiga inovasi termasuk layanan stroke

"Secara kebetulan, hari ini (21/4) kami juga menyelenggarakan kegiatan vaksinasi massal. Jadi, warga yang ikut vaksinasi, kami beri hadiah paket sembako," katanya.

Terkait dengan vaksinasi massal, dia mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari hingga Jumat (22/4) dengan target peserta 400 orang setiap harinya.

Pihaknya tidak hanya memberikan layanan vaksinasi dosis ketiga (penguat/booster), sehingga masyarakat yang membutuhkan vaksin dosis pertama maupun kedua tetap akan dilayani.

Baca juga: RSMS Purwokerto luncurkan layanan telemedis mudahkan warga saat wabah

"Setiap hari kami juga membuka gerai vaksinasi di poliklinik untuk melayani masyarakat yang akan divaksin. Namun, sementara ini vaksin yang disediakan hanya Pfizer dan AstraZeneca, sedangkan vaksin yang lain kami belum bisa memenuhi," kata Untung.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022