Depok (ANTARA) - Penyelesaian jalan Tol Cijago Seksi 3 (Kukusan-Cinere) ini diharapkan menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi Kawasan dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar antara lain meningkatkan konektivitas Tol JORR II.

"Tentunya juga berdampak positif mengurangi kemacetan di pusat Kota Depok, memperlancar mobilitas warga, dan mengurangi kemacetan di ruas tol lainnya," kata Direktur Operasional Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ) Alfiandra di Depok, Kamis.

Sebagai Proyek Strategis Nasional, Jalan Tol Cinere–Jagorawi memiliki nilai strategis dalam hal meningkatkan volume distribusi barang dan jasa di kawasan Jabodetabek. Ruas jalan tol ini juga akan memperlancar arus mobilitas warga Bodetabek menuju Jakarta dan Bandara Soetta.

"Waktu tempuh Jagorawi–Bandara Soetta akan berkurang signifikan saat pembangunan jalan tol Cijago ini rampung," katanya.

Baca juga: PT PP nilai Jalan Tol Cijago Seksi III strategis

Menurut dia dalam proses pembangunan jalan tol ini, diharapkan progres pembebasan tanah Cinere – Jagorawi Seksi 3 dapat selesai pada bulan Mei 2022 sehingga penyelesaian konstruksi Tol CInere – Jagorawi seksi 3 dapat diselesaikan pada bulan Oktober 2022 sesuai jadual kontrak dengan kontraktor utama.

Terkait kendala pembebasan tanah, yang perlu mendapat perhatian instansi terkait yaitu terobosan dalam percepatan pembebasan tanah yang memiliki karakteristik khusus seperti tanah wakaf karena belum ada kesesuain harga tanah dengan pihak nadzir (pengurus tanah waqaf) dan tanah yang di konsinyasi kan di Pengadilan Negeri Depok karena adanya permasalahan kepemilikan seperti sengketa.

Baca juga: Masih gratis, uji coba Tol Cijago seksi II

Ia berharap dengan adanya kendala pembebasan lahan di tanah wakaf dan tanah konsinyasi, diharapkan instansi pemerintah yang terkait seperti KPPIP Kemenko Perekonomian, Kantor Staf Presiden (KSP), BPJT, PPK PUPR, BPN Depok, Kemenag Depok dapat terus intensif berkoordinasi seperti yang sudah dilakukan sehingga akhir bulan Mei 2022 lahan sudah bebas tuntas.

"Masyarakat pengguna jalan tol sudah lama menunggu tersambungnya tol Cijago dengan ruas-ruas tol lainnnya Tentunya hal ini perlu mendapat dukungan dari semua pihak baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat setempat serta stake holder lainnya agar dalam proses pembangunan jalan tol dapat berjalan dengan lancar serta tepat waktu, tepat mutu dan tepat biaya," katanya.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022