Lebak (ANTARA) -
Kepolisian Daerah ( Polda) Banten menyiagakan sebanyak 3.500 personil untuk pengamanan Lebaran tahun 2022 agar berjalan lancar dan pemudik selamat sampai tujuan.
 
"Kami juga besok akan gelar pasukan serentak secara nasional untuk kesiapan pengamanan Lebaran, " kata Wakil Ketua Kepala Kepolisian Daerah Banten, Brigadir Jenderal Polisi Ery Nursatari, saat meninjau Stasiun Kereta Api Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Kamis.

Baca juga: Polda Banten siapkan 41 posko pelayanan arus mudik
 
Pengamanan Lebaran 2022 tentu berbeda dengan "Operasi Ketupat" yang biasanya seminggu dimulai atau pada H-7 namun saat ini pengamanan Lebaran ada perubahan secara publik dan terbuka.
 
Karena itu, Kepolisian Daerah Banten mengantisipasi pengamanan lebih awal untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri. Pengamanan Lebaran disiagakan 3.500 personil, termasuk dari TNI dan disebar di Stasiun Kereta Api, Pelabuhan Merak hingga Terminal.

Baca juga: Polda Banten ingatkan pemudik waspadai lokasi rawan kecelakaan
 
"Kami berharap teman-teman di lapangan dapat melaksanakan tugas dengan baik untuk kelancaran pengamanan Lebaran, " katanya.

Untuk mengantisipasi kemacetan Dirlantas dan Kasat Lantas sudah memetakan arus jalur mudik. Ia mencontohkan, selama ini Pelabuhan Merak tingkat kesulitanya kantong parkir, sehingga direncanakan jika terjadi kelebihan jumlah kendaraan di jalan maka telah disiapkan kantong-kantong parkir.

Baca juga: PMI Banten siagakan 199 relawan dan 9 ambulans bantu pemudik
 
Selain itu juga Kepolisian Daerah Banten akan membuka gerai vaksin penguat. "Kami minta pemudik yang belum divaksin booster maka bisa mendatangi gerai itu," katanya. 

Baca juga: Syarat mudik, warga Tangerang ikuti vaksinasi booster naik tajam

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022