Saya mengunjungi destinasi wisata prioritas agar pada Hari Raya Lebaran bisa dikunjungi. Karena sudah dua tahun masyarakat tidak bisa berkunjung ke tempat wisata ini
Magelang, Jateng (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meninjau kesiapan destinasi Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Kamis, dalam menyambut libur Lebaran 2022/Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Saya mengunjungi destinasi wisata prioritas agar pada Hari Raya Lebaran bisa dikunjungi. Karena sudah dua tahun masyarakat tidak bisa berkunjung ke tempat wisata ini," kata Wapres di TWC Borobudur, Jateng, Kamis.

Wapres mengatakan diperkirakan wisatawan akan banyak yang berkunjung ke Candi Borobudur saat libur Lebaran 2022.

Oleh karena itu pihak pengelola mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut wisatawan mulai dari akses masuk hingga ekosistem sekitar.

"Berbagai fasilitas ekosistem sudah dibangun dengan baik sekali sebagai destinasi prioritas. Bahkan penataan selain sebagai tempat wisata juga tempat pengembangan UMKM juga ditata baik supaya tidak mengganggu," katanya.

Pada kesempatan tersebut Wapres yang didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menerima penjelasan bahwa segala persiapan sudah dilakukan dengan baik, kecuali mengenai pemindahan UMKM ke tempat khusus.

"Sehingga nanti mungkin dalam waktu dekat sudah bisa tersedia, sehingga ekosistem bahkan tempat menginap di masyarakat atau homestay juga sudahh ditata," katanya.

Wapres berharap pada saat Hari Raya libur panjang, masyarakat sudah bisa menikmati wisata terutama wisatawan lokal dan juga luar negeri.

"Ini (Candi Borobudur) kebanggaan bangsa. Tidak ada tempat seperti ini di dunia kecuali di tempat pak Ganjar," demikian Wapres.

Baca juga: PT TWC hadirkan etalase budaya Jawa pada libur Lebaran

Baca juga: Pengunjung Borobudur pada masa ramai libur Lebaran 2019 susut

Baca juga: Kesenian tradisional digelar di Borobudur selama Lebaran

Baca juga: 254 personel gabungan amankan Borobudur selama Lebaran

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022