Stok vaksin saat ini kurang lebih ada 50.000 dosis yang dialokasikan dari Provinsi Banten
Tangerang (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Tangerang, Banten, menjamin stok vaksin COVID-19 penguat mencukupi kebutuhan masyarakat hingga menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah/Lebaran 2022.

"Stok vaksin saat ini kurang lebih ada 50.000 dosis yang dialokasikan dari Provinsi Banten, jadi bisa menjamin kebutuhan vaksin sampai Lebaran nanti," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi di Tangerang, Kamis.

Ia menyebutkan dari puluhan ribu stok dosis vaksin tersebut telah didistribusikan ke 43 puskesmas di 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Disnaker Kota Tangerang gelar pelatihan pemasaran digital

Selain itu, lanjut dia, persediaan vaksin di Kabupaten Tangerang dipastikan aman selama bulan Ramadhan ini karena di masing-masing instansi seperti TNI/Polri saat ini sudah memiliki stok vaksin sendiri.

"Jadi selama Ramadhan ini aman untuk stok vaksin karena kita dibantu juga sama TNI/Polri. Kemudian kalau pun kurang nanti kita ajukan penambahan ke Pemprov," ujarnya.

Sementara itu, pihaknya mencatat sebanyak 461 ribu atau 21 persen warga di daerah itu telah menerima dosis vaksinasi tahap tiga atau penguat antibodi.

Baca juga: Bisa untuk "ngabuburit", 10 taman tematik di Kota Tangerang dibuka

Menurutnya, tren peningkatan capaian vaksinasi dosis penguat ini dipengaruhi oleh adanya syarat vaksinasi untuk mudik Lebaran 2022 oleh pemerintah sehingga turut meningkatkan animo masyarakat.

"Saat ini penerima vaksinasi dosis ketiga sebanyak 461 ribu warga atau baru mencapai 21 persen dari target sasaran 30 persen selama Ramadhan 1443 H," katanya.

Hendra mengaku dari total sasaran vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Tangerang yaitu sebanyak 2.851.583 jiwa, sebanyak 2.260.512 jiwa atau setara mencapai 79 persen telah menerima vaksinasi dosis pertama. Sedangkan, untuk dosis kedua sebanyak 1.883.771 jiwa telah tervaksinasi.

Baca juga: Syarat mudik, warga Tangerang ikuti vaksinasi booster naik tajam

Baca juga: PMI Tangerang lakukan safari donor selama Ramadhan

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022