Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyiagakan 113 personel guna mengantisipasi bahaya kebakaran selama libur Lebaran 2022 di wilayah itu.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Rejang Lebong Fery Najamudin di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan biasanya saat libur Lebaran sering terjadi kebakaran terhadap rumah warga yang ditinggal pemiliknya mudik.

"Guna mengantisipasi bahaya kebakaran selama libur Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah kali ini kita telah menyiagakan 113 personel terbagi dalam sembilan regu dengan didukung 12 armada PBK," kata dia.

Dia menjelaskan 113 personel damkar tersebut terbagi dalam sembilan regu, di mana setiap regu beranggota 10 hingga 12 orang.

Baca juga: Dinas Damkar Paser imbau warga waspada kebakaran selama Ramadhan

Regu damkar, kata dia, terdiri atas empat regu bertugas di markas induk di Kota Curup, lima regu bertugas di Pos PBK Kecamatan Bermani Ulu, Selupu Rejang, Sindang Kelingi, Padang Ulak Tanding, dan Pos PBK Kecamatan Kota Padang.

Armada PBK yang mereka miliki saat ini berjumlah 12 unit, dua unit sedang dalam perbaikan karena mengalami kerusakan, lima unit bertugas di dalam kota, lima unit lainnya ditempatkan di Pos PBK Kecamatan Bermani Ulu, Selupu Rejang, Sindang Kelingi, Padang Ulak Tanding, dan Pos PBK Kecamatan Kota Padang.

Dia mengatakan sejauh ini peristiwa kebakaran di pemukiman di wilayah itu terhitung Januari-pertengahan April 2022 baru ada enam kejadian dan tidak ada korban jiwa.

Dia mengimbau masyarakat daerah itu yang akan mudik Lebaran terlebih dahulu memastikan kompor sudah dimatikan, televisi dan perabotan rumah tangga lainnya yang menggunakan aliran listrik dimatikan sehingga bisa mencegah terjadinya bahaya kebakaran.

Baca juga: Pabrik penyulingan cengkih di Tulungagung terbakar, ditangani damkar
Baca juga: Tujuh rumah di permukiman Pandan Makassar ludes terbakar

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022