Manado (ANTARA) - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Badan Intelijen Negara Daerah dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulut membantu percepatan vaksinasi COVID-19 dosis kedua di provinsi tersebut.

"Jadi sudah ada surat dari Gubernur Olly Dondokambey membantu percepatan vaksinasi COVID-19. Ada daerah-daerah yang menjadi tanggung jawab dari tim ini. Mereka juga melakukan sosialisasi terkait vaksinasi," sebut Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, Merry Pasorong di Manado, Kamis.

Matra darat, laut dan udara TNI akan membantu percepatan vaksinasi di wilayah kabupaten kepulauan Sitaro, Sangihe dan Talaud.

Selanjutnya, jajaran Kepolisian Daerah Sulut akan mengawal Kabupaten Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Kota Kotamobagu.

Kota Bitung, Kota Tomohon dan Kota Manado menjadi tanggung jawab BIN daerah Sulut.

Sementara Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara dan Kabupaten Minahasa Selatan akan didorong percepatannya oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulut.

"Dinas Kesehatan Provinsi Sulut sudah turun melakukan sosialisasi memberikan pemahaman agar mereka segera mendapatkan vaksinasi dosis kedua," ujarnya.

Pemerintah Provinsi Sulut menargetkan sebanyak 2.080.685 warganya mendapatkan vaksinasi dosis lengkap (di luar anak-anak).

Vaksinasi dosis pertama telah mencapai 1.860.268 orang (89,41 persen), dosis kedua 356.916 orang (65,21 persen) dan dosis ketiga (booster) 220.472 orang (10,60 persen). ***3***
 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022