Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebutkan sebagian besar pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang mereka adakan tahun ini diikuti oleh perempuan.

"Tema-tema pelatihan yang diberikan tidak hanya terkait dasar-dasar kewirausahaan digital, namun juga wawasan untuk dapat bersaing di pasar nasional dan scale up di pasar internasional hingga literasi keuangan dan keamanan siber," kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, Kamis.

Kementerian Kominfo melalui Digital Entrepreneurship Academy memberikan pelatihan kepada 15.134 pelaku wirausaha d Indonesia tahun ini. Sebanyak 63 persen peserta pelatihan adalah perempuan.

Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy merupakan bagian dari program Digital Talent Scholarship, stimulus untuk mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki kecakapan digital.

Untuk pelatihan ini, Kementerian Kominfo bekerja sama dengan perusahaan teknologi global seperti Google, Ant Group dan Meta. Tidak ketinggalan juga dalam program ini adalah perusahaan rintisan lokal seperti GoTo dan Bukalapak.

Pelatihan ini diharapkan bisa membangun perspektif kewirausahaan digital yang komprehensif dan holistik.

"Melalui program ini kami mengharapkan terbentuknya gelombang digitalisasi UMKM Indonesia yang dapat menggerakkan ekonomi digital di dalam negeri," kata Johnny.

Menkominfo secara virtual meresmikan kegiatan Woman in Digital Entrepreneurship Recover Together with Digital Entrepreneurship hari ini, yang diselenggarakan dalam rangkaian peringatan Hari Kartini.

Menteri Johnny juga mengajak seluruh masyarakat khususnya kaum perempuan untuk membangkitkan semangat para wirausaha perempuan dan semangat usaha mikro, kecil dan menengah pulih bersama.

"Jadilah dian pelita yang tak pernah padam, selalu bersinar dengan kecerdasan yang engkau miliki. Mari kita terus kobarkan semangat perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam setiap langkah pengabdian kepada bangsa, wahai para Kartini-Kartini modern. Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan di Indonesia," kata Johnny.

Baca juga: Kominfo dorong kolaborasi Gerakan Menuju Smart City 2022

Baca juga: Menkominfo: Perempuan pilar utama UMKM

Baca juga: Kominfo latih 3000 Kartini Masa Kini lewat program wirausaha digital


 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022