Jakarta (ANTARA) - Petugas Polda Metro Jaya mengamankan satu orang pengunjuk rasa yang mencoba menerobos barikade demo mahasiswa di Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis.

"Iya, kita tadi mengamankan, saat ini sedang kita periksa," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Polda Metro nilai filterisasi efektif cegah penyusup saat unjuk rasa

Meski demikian, Zulpan belum bersedia memberikan keterangan lebih lanjut mengenai motif dan berasal dari elemen mana penerobos tersebut.

"Saya rasa itu upaya yang dilakukan untuk menerobos barikade yang kita berikan tentunya, sekarang masih kita lakukan pemeriksaan," ujarnya.

Secara umum, Zulpan menegaskan aksi unjuk rasa mahasiswa pada Kamis ini berlangsung dengan aman, tertib, dan kondusif.

Sebanyak tujuh elemen dari unsur masyarakat, buruh dan, mahasiswa menggelar aksi penyampaian pendapat di muka umum pada tiga lokasi, yakni Gedung DPR/MPR RI, Bundaran Patung Kuda, dan Harmoni.

Baca juga: Polisi buka barikade di Jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat

Dalam aksi unjuk rasa tersebut, Polda Metro Jaya menerapkan sistem filterisasi untuk mencegah masuknya penyusup dan provokator yang hendak membuat keributan dalam aksi penyampaian pendapat yang berlangsung tertib.

Sistem filterisasi tersebut juga membuahkan hasil dengan tertangkapnya beberapa orang yang diduga hendak menyusup ke dalam massa pengunjuk rasa.

"Kita amankan tadi beberapa orang yang memang mereka mencoba ikut-ikutan kegiatan ini, kita khawatirkan ini bisa jadi pemicu kerusuhan," tutut Zulpan.

Baca juga: Polisi buka kembali Jalan Gatot Subroto depan gedung DPR RI

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022