Frankfurt (ANTARA) - Saham-saham Jerman berakhir lebih tinggi pada perdagangan Kamis waktu setempat (21/4/2022), membukukan keuntungan untuk hari kedua berturur-turut, dengan indeks acuan DAX 40 di Bursa Efek Frankfurt terdongkrak 0,98 persen atau 140,38 poin, menjadi menetap di 14.502,41 poin.

Dari 40 saham perusahaan besar pilihan yang menjadi komponen indeks DAX 40, sebanyak 31 saham berhasil meraih keuntungan, sementara delapan saham mengalami kerugian dan satu saham diperdagangkan tidak berubah.

Bursa Efek Frankfurt terhitung sejak 20 September 2021 secara resmi memperluas komponen indeks DAX 30 menjadi 40 saham atau menjadi indeks DAX 40.

Sartorius AG, sebuah perusahaan yang memproduksi dan memasarkan peralatan dan komponen elektronik presisi Jerman meningkat 3,75 persen, merupakan pencetak keuntungan paling banyak (top gainer) dari saham-saham unggulan atau blue chips.

Disusul oleh saham perusahaan yang mengembangkan dan memproduksi mesin pesawat terbanga dan menawarkan layanan dan dukungan mesin pesawat komersial MTU Aero Engines AG yang bertambah 3,29 persen, serta perusahaan rekayasa dan manufaktur berfokus pada elektrifikasi, otomatisasi, dan digitalisasi Siemens AG menguat 2,71 persen.

Di sisi lain, Delivery Hero sebuah perusahaan penyedia layanan pemesanan dan pengiriman makanan secara daring mencatat kerugian paling besar (top loser) di antara saham-saham unggulan, dengan harga sahamnya terperosok 6,12 persen.

Diikuti oleh saham perusahaan e-commerce multinasional Jerman berbasis di Berlin, Zalando SE, yang kehilangan 2,56 persen, serta perusahaan energi yang aktif secara global menghasilkan dan memperdagangkan listrik RWE Aktiengesellschaft tergelincir 2,00 persen.
Baca juga: Saham Jerman berakhir positif, indeks DAX 40 terangkat 208,57 poin
 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2022