Los Angeles (ANTARA News) - Penyanyi Shakira menjadi artis Kolombia pertama yang menerima bintang "Hollywood Walk of Fame".

Selasa waktu AS atau Rabu WIB, dia menerima penghargaan itu untuk kemudian masuk sejajar dengan bintang Latin Ricky Martin serta Christina Aguilera yang lebih dulu berada pada jalan yang terkenal itu.

"Aku ingin mendedikasikan ini buat masyarakat Latin di AS, masyarakat yang tanpa kenal henti bekerja dan bermimpi dan bermimpi dan bekerja setiap hari untuk membuat negeri ini jadi lebih baik," kata penyanyi itu kepada penggemarnya yang berkumpul di trotoar terkenal Hollywood Blvd seperti dikutip Reuters.

Shakira (34) naik daun di Amerika Latin pada 1990-an dengan albumnya "Pies Descalzos" dan singel seperti "Donde Estas Corazon" dan "Estoy Aqui".

Album resmi keduanya "Donde Estan Los Ladrones?" meraih ketenaran internasional dengan singel seperti "No Creo" dan lagi yang diilhami dunia Arab "Ojos Asi".

Penyanyi Latin itu kemudian memproduksi album berbahasa Inggris "Laundry Service". Ia mengikuti jejak artis dwibahasa seperti Enrique Iglesias dan Ricky Martin yang juga membuat rekaman dalam Bahasa Spanyol dan Inggris.

Nomor "Whenever, Wherever" menempati puncak tangga lagu di banyak negara Eropa, sedangkan singel versi Inggrisnya meraih penghargaan Latin Grammy.

"Ketika aku berusia tujuh tahun, aku datang ke Los Angeles untuk pertama kali dan aku melewati Walk of Fame bersama ibuku," Shakira mengenang. "Aku ingat ibuku memberitahuku 'Shaki, suatu hari kamu akan menaruh namamu di tempat ini."

Penyanyi itu telah meraih dua Grammy dan dinominasikan untuk berkolaborasi dengan Beyonce dalam singel "Beautiful Liar" dan dengan Wyclef Jean di "Hips Don`t Lie".

Album terakhir Shakira "Sale el Sol" dinominasikan untuk Latin Grammy Awards 2011 mendatang di Las Vegas pada 10 November.(*)

C003/A011

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011