Yogyakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memimpin upacara Wing Day Sekolah Penerbang (Sekbang) TNI AU Angkatan ke-99, Sekbang TNI Angkatan ke-7, dan Sekolah Navigator Angkatan ke-14 di Landasan Udara Adisutjipto Yogyakarta, Jumat.

"Hari ini adalah momentum berharga yang harus kalian syukuri, yang juga menjadi gerbang awal pengabdian kalian sebagai pengawal dirgantara Indonesia," kata Fadjar saat menjadi Inspektur Upacara Wing Day di Lapangan Jupiter, Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Jumat.

Dalam upacara itu, Kasau mengucapkan selamat kepada 43 orang wisudawan atas tuntasnya pendidikan mereka di Sekolah Penerbang dan Sekolah Navigator dengan hasil baik dan sesuai harapan.

Dia mengatakan menempuh pendidikan di lembaga terhormat tersebut mendapatkan banyak pengalaman berharga, pengetahuan, dan wawasan. Terlebih lagi, berbagai momen inspiratif yang telah dilalui para prajurit akan menjadi modal berharga yang akan membantu perjalanan karir mereka.

"Oleh karenanya, para wisudawan harus bersyukur dan berbangga atas momen Wing Day ini. Banggalah sebagaimana kami sebagai senior kalian juga bangga ketika menyaksikan kalian dilantik, seraya wing penerbang dan wing navigator disematkan di dada kalian," katanya.

Baca juga: Kasau sebut upacara HUT ke-76 di Yogyakarta kota kelahiran TNI AU

Dia juga mengingatkan bahwa upacara Wing Day bukan akhir dari pendidikan para prajurit, melainkan gerbang awal dari langkah pengabdian selanjutnya. Dia mengimbau para prajurit untuk berpegang teguh pada prinsip airmanship yang menjadi landasan bertindak di setiap jenjang karier dan penugasan.

"Ingatlah, tantangan yang kita (TNI AU) hadapi saat ini menjadi semakin dinamis. Kompleksitas domain udara juga telah tumbuh semakin pesat seiring berkembangnya domain cyber dan luar angkasa. Bahkan, boleh jadi kalian akan menjadi salah satu pelopor antariksa Indonesia di masa depan," katanya.

Dia meminta para prajurit untuk terus mawas diri dan semakin giat dalam mengembangkan kemampuan.

"Jadilah perwira penerbang dan navigator yang profesional dan berkomitmen kepada tugas yang dibebankan, agar senantiasa dapat menjaga kedaulatan Indonesia yang kita cintai ini," ujarnya.

Dalam upacara tersebut, Fadjar secara khusus menyematkan wing penerbang dan wing navigator kepada Letda Pnb M. Taufiq Ismail S.Tr.(Han) sebagai Siswa Terbaik Jurusan Fixed Wing, Letda Pnb Dhawam Dwi Argo S.Tr.(Han) sebagai Siswa Terbaik Jurusan Rotary Wing, dan Letda Nav Aroyan Nur Fadilla S.Tr.(Han) sebagai Siswa Terbaik Navigator.

Baca juga: Kasau anugerahkan Bintang Swa Bhuwana Paksa kepada 2 pejabat BPK

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022