Banjarbaru (ANTARA) - Sebanyak 2.116 personel gabungan bertugas mengamankan arus mudik lebaran tahun ini di Kalimantan Selatan yang disebar pada pengamanan lalu lintas di jalur darat, pelabuhan, bandara hingga tempat-tempat keramaian dan objek vital.

"Untuk personel Polda Kalsel sendiri yang tergabung dalam satgas sekitar 300 orang ditambah 13 Polres jajaran," kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto di Banjarbaru, Jumat.

Apel gelar pasukan pun dilaksanakan Polda Kalsel sebagai bentuk kesiapan personel selama Operasi Ketupat Intan 2022 yang berlangsung selama 12 hari terhitung mulai 28 April sampai 9 Mei 2022.

Ada 22 pos pengamanan dan 11 pos pelayanan didirikan selama arus mudik hingga arus balik memberikan pelayanan kepada masyarakat di momen lebaran.

Kapolda menyebut ada pelayanan tim kesehatan di setiap pos bisa dimanfaatkan masyarakat untuk cek kesehatan atau sekadar mampir sejenak beristirahat.

Bahkan gerai vaksinasi presisi juga dibuka sepanjang stok vaksin tersedia pada setiap kabupaten dan kota.

"Saya sudah perintahkan jajaran agar pelayanan vaksin dibuka saat lebaran sebagai upaya mengejar capaian vaksinasi 100 persen termasuk booster," jelasnya.

Mengingat situasi masih pandemi, Rikwanto menekankan agar masyarakat tidak lengah dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Dia juga mengimbau tempat-tempat publik dan keramaian seperti mal dan objek wisata dapat menyediakan fasilitas scan barcode aplikasi PeduliLindungi hingga mewajibkan penggunaan masker bagi setiap pengunjung.

Sementara Karo Ops Polda Kalsel Kombes Pol Nurhandono menambahkan, petugas yang berjaga di masing-masing pos siaga 1x24 jam melayani masyarakat.

"Khusus untuk pengamanan jalur darat, titik-titik rawan macet dan rawan kecelakaan saya minta polantas siaga melakukan pengaturan dan edukasi untuk terus mengingatkan pengendara berhati-hati," katanya didampingi Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Maesa Soegriwo.

Baca juga: Sebanyak 3.056 personel gabungan amankan Idul Fitri di Kalbar

Baca juga: Polres Purwakarta siapkan 42 pos pengamanan mudik lebaran

Baca juga: Kapolda Jabar cek kesiapan pengamanan mudik di Karawang

 

Pewarta: Firman
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2022