counter

Jemaah haji Pamekasan tiba pekan depan

Jemaah haji Pamekasan tiba pekan depan

Jemaah haji. (FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo).

Pamekasan (ANTARA News) - Jemaah haji asal Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur akan tiba di kampung halamannya pada Senin (14/11).

Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Juhedi di Pamekasan Rabu menjelaskan, jemaah akan tiba sekitar pukul 14.00 WIB dan akan disambung secara langsung oleh Bupati Kholilurrahman.

"Jemaah haji yang akan tiba Senin ini yang tergabung dalam kelompok terbang 5 dan 6," kata Juhedi.

Ia menjelaskan, kloter 5 diperkirakan akan tiba sekitar pukul 14.00 WIB, sedangkan kloter 6 pada pukul 16.00 WIB, dua jam setelah kloter 5.

Selain di pendopo pemkab Pamekasan lokasi penjemputan jemaah haji ini juga ditempatkan di sejumlah titik untuk menghindari penumpukan kendaraan bermotor.

Seperti di lapangan Brimob Jalan Raya Nyalaran, di lembaga pendidikan Nurul Hikmah (di sekitar monumen Arek Lancor) dan di kampus STAI Al-Khairat, Jalan Raya Palengaan, serta di pertigaan Jalan Raya Pamekasan-Sumenep.

Kasi Haji dan Umroh Kemenag Pamekasan Juhedi lebih lanjut menjelaskan, selain menyediakan lokasi khusus penjemputan bagi para keluarga jemaah, pihaknya juga mempersiapkan langkah-langkah teknis untuk pengambilan barang bawaan jemaah atau sahara.

"Ini kami lakukan agar barang bawaan jemaah tidak banyak yang tertukar, sebagaimana pernah terjadi tahun tahun sebelumnya," kata Juhedi menjelaskan.

Juhedi menambahkan, kesehatan jamaah haji Pamekasan juga dilaporkan tidak bermasalah dan hingga kini tidak ada laporan jemaah asal Kabupaten Pamekasan yang meninggal dunia.

Jemaah haji yang berangkat dari Kabupaten Pamekasan pada musim haji tahun ini sebanyak 814 orang.

Ia menjelaskan, jumlah ini jauh lebih sedikit dibanding musim haji tahun lalu. Sebab ketika itu jumlah jemaah haji asal Kabupaten Pamekasan sebanyak 1.332 orang.

Sementara khusus untuk pengamanan kedatangan jemaah haji kali ini, Kemanag Pamekasan meminta bantuan petugas pengamanan dari jajaran Polres Pamekasan.

Sebanyak 150 personel akan diterjunkan guna mengamankan kedatangan jemaah haji asal Pamekasan pada Senin (14/11) ini. Mereka itu merupakan personal dari berbagai kesatuan di lingkungan Polres Pamekasan. Seperti dari Satuan Reskrim, Intelkam, Samapta dan Satuan Lalu Lintas.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar