Painan (ANTARA) -
Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Rudi Hariyansyah, mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19 saat mudik dan libur lebaran tahun ini.
 
Menurutnya kepatuhan terhadap protokol kesehatan berarti turut mewujudkan mudik aman dan sehat, mengingat pandemi belum benar-benar berakhir, meski terkendali di bawah satu persen.
 
"Kita harus tetap waspada karena tingkat mobilitas masyarakat sangat tinggi saat lebaran," ujar Wabup membacakan pidato Kapolri saat jadi pembina apel gabungan gelar pasukan Operasi Ketupat Singgalang 1443 Hijriah 2022 di Painan, Jumat.

Baca juga: Pemudik pengguna kendaraan pribadi disarankan siapkan urinoar darurat

Pada apel gelar pasukan yang dilaksanakan di halaman Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Pesisir Selatan tersebut turut dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Pesisir Selatan.

Operasi Ketupat Singgalang yang dimulai pada 28 April 2022-9 Mei 2022 itu guna memberikan pelayanan, rasa aman, nyaman dan pengamanan pada masyarakat selama musim libur lebaran.

Wabup melanjutkan lebaran tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pemerintah memberikan kelonggaran pada masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga dan tidak akan melakukan pembatasan lalu lintas masyarakat.
 
"Namun kita harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang tinggi pada saat Idul fitri nanti," tegas Wabup.
 
Pada kesempatan itu Kepala Kepolisian Resor Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo untuk menciptakan rasa aman dan kondusif di tengah masyarakat ia menyiapkan sekitar 150 personel yang disebar di tujuh titik.
 
Dari tujuh titik itu terdapat tiga pos titik fokus dalam pengaman pelayanan, pengamanan dan pelayanan antara lain Pos Carocok Painan, Pos Mandeh dan Pos Kambang.
 

Selain itu Polres Pesisir Selatan juga menambahkan sebanyak satu pos pelayanan, yakni Pos Yan Rest Area di Kecamatan Koto XI Tarusan Perbatasan Kabupaten Pessel dengan Kota Padang.
 
"Tentunya ini adalah upaya-upaya yang kami lakukan melihat dari potensi-potensi kerawanan, potensi keamanan dan upaya lainnya yakni meningkatkan vaksinasi booster untuk masyarakat Kabupaten Pessel," terang Kapolres.

Sementara Sekretaris Satgas COVID-19 Pesisir Selatan, Dailipal menyampaikan pentingnya penerapan protokol kesehatan, utamanya di lokasi wisata, sehingga aman dari penularan.

"Sering-sering cuci tangan dan jangan lupa pakai masker," kata Dailipal. 

Baca juga: Masyarakat Pekalongan diajak wujudkan mudik Lebaran taat prokes
Baca juga: Satgas minta pemudik unduh PeduliLindungi dan isi EHAC Domestik

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022