Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta masih memverifikasi kuota tiket mudik gratis yang hingga Jumat pukul 16.15 WIB sudah habis 
dipesan calon pemudik.

"Kami lagi verifikasi mumpung masih ada waktu, nanti jika ada ganda kan masih ada waktu untuk kami umumkan lagi ke masyarakat bahwa kuota masih tersedia," kata Kepala Bidang Angkutan
Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Yayat Sudrajat di Jakarta, Jumat.

Berdasarkan laman mudikgratisdkijakarta.id yang diakses pukul 16.15 WIB tiket mudik gratis sudah habis. Kuota tiket mudik yang disediakan sebanyak 11.680 tiket menggunakan 292 bus.

Kuota untuk pemberangkatan sepeda motor juga sudah habis dengan kuota 660 yang diangkut menggunakan 22 truk.

Untuk arus balik, masih menyisakan 857 kursi gratis dari kuota 8.000 kursi gratis menggunakan 200 bus.

Baca juga: Satpol PP Kembangan siap jaga rumah pemudik

Untuk pemberangkatan sepeda motor sudah habis. Kuota yang disediakan mencapai 270 dan akan diangkut menggunakan sembilan truk.

Dinas Perhubungan DKI menyediakan 19.680 tiket gratis mudik dan balik Lebaran 2022.

Yayat menjelaskan, verifikasi diperlukan karena kemungkinan ada dua pendaftaran untuk keluarga yang sama namun menggunakan nomor telepon yang berbeda.

Pendaftaran mudik gratis dilakukan hingga pukul 17.00 WIB menyesuaikan kuota dengan notifikasi membawa berkas persyaratan saat itu juga.

"Pendaftaran melalui telepon, ada yang melalui aplikasi WhatsApp. Kalau nomor telpon kami sudah terdeteksi, sudah digunakan nomor telpon itu tidak bisa lagi melakukan pendaftaran, tapi kalau menggunakan nomor lain itu bisa," katanya.

Baca juga: Ada 19.680 tiket mudik gratis untuk warga Jakarta

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menganggarkan Rp13,7 miliar untuk program arus mudik gratis tersebut. Adapun 17 kota dan kabupaten tujuan arus mudik dan balik gratis, yakni Palembang, Lampung, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto dan Solo.

Kemudian Wonosobo, Yogyakarta,
Sragen, Wonogiri, Madiun, Kediri, Jombang dan Malang.

Sedangkan jadwal arus mudik dilaksanakan pada 26 April di Terminal Pulogadung dan 27 April di Terminal Pulo Gebang.

Untuk jadwal arus balik pada 7 Mei dari masing-masing lokasi menuju Terminal Pulogadung dan pada 8 Mei menuju Terminal Pulo Gebang.

Calon peserta mendaftarkan diri daring melalui laman di www.mudikgratisdkijakarta.id atau melalui WhatApp ke nomor 08-123-188-5758.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022