Medan (ANTARA) - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengapresiasi percepatan vaksinasi yang dilakukan Badan Intelijen Negara Daerah Sumatera Utara (Binda Sumut) yang sudah menyuntikkan sebanyak 1,1 juta lebih dosis vaksin COVID-19 kepada masyarakat di daerah ini.
 
"Selaku Ketua Komisi I DPR RI, saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Binda Sumut. Tadi saya dengar sendiri bahwa Binda Sumut menargetkan 20 ribu dosis vaksin setiap hari, ini tidak mudah," katanya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi dan bakti sosial yang dilaksanakan Binda Sumut di Medan, Jumat.
 
Meutya juga memberikan pujian kepada Kabinda Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari yang konsisten, gigih, dan tekun melayani masyarakat, terutama dalam program percepatan vaksinasi COVID-19.

Baca juga: Binda Sumut fasilitasi vaksinasi malam hari usai Tarawih di Medan
 
"Tugas DPR salah satunya fungsi pengawasan dan memastikan mitra-mitra kita untuk berbuat. Alhamdulillah di Sumut ini Kabinda sudah berbuat dan tidak hanya sudah berbuat, tapi capaian vaksinasinya cukup signifikan," ujarnya.
 
Sementara itu, Kabinda Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana menyampaikan bahwa pihaknya menerima target sebanyak 2.117.000 dosis vaksin untuk disuntikkan kepada masyarakat pada tahun 2022.

Baca juga: Binda Sumut genjot vaksinasi COVID-19 dukung syarat mudik Lebaran 2022
 
Dari target tersebut, kata dia, sudah tercapai 1.107.103 dosis atau 50 persen lebih. Sedangkan capaian sejak dimulainya kegiatan vaksin oleh Binda Sumut dari Juli 2021 hingga 21 April 2022 mencapai 1.323.620 dosis.
 
Dalam melakukan percepatan vaksinasi, Binda Sumut melakukan sejumlah strategi, seperti pelayanan vaksinasi dari rumah ke rumah (door to door), layanan vaksinasi malam hari seusai shalat tarawih, dan pemberian sembako untuk para peserta vaksinasi.

Baca juga: BIN gencarkan vaksinasi di Medan antisipasi gelombang ketiga COVID-19
 
"Target ini membuat Binda Sumut menjalin kerja sama yang kuat dengan semua elemen masyarakat. Setiap hari kami menargetkan 20 ribu masyarakat di 33 kabupaten dan kota di Sumut untuk mendapatkan vaksinasi," katanya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022