Jakarta (ANTARA) - PT Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board/JXB) membukukan laba sekitar Rp14 miliar pada 2021 atau meningkat 508 persen dibanding tahun 2020 yang hanya Rp2,71 miliar.

Peningkatan pendapatan tersebut merupakan capaian tertinggi sepanjang sejarah BUMD milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu.

"Ini juga merupakan peningkatan setelah pada 2020, JXB berhasil membukukan laba pertama kali setelah perusahaan rugi empat tahun berturut-turut," kata Direktur Utama PT Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board/JXB), 
Novita Dewi dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Hal tersebut menempatkan Novita sebagai peraih penghargaan sebagai TOP CEO BUMD Award 2022, selain keberhasilan periode kepemimpinannya untuk mengembangkan perusahaan dari perhotelan menjadi BUMD DKI yang bergerak di bidang pariwisata dan perhotelan, ekonomi kreatif serta beautifikasi kota.

"Semoga penghargaan yang saya terima dapat menjadi motivasi untuk selalu berkarya membangun Jakarta, membangun Indonesia," tuturnya.

Baca juga: Berhasil tingkatkan finansial, Dirut Jaktour raih penghargaan MOTY

Selain itu, PT Jakarta Tourisindo (Jaktour) juga meraih penghargaan sebagai TOP BUMD bintang 4 pada 2022.

Atas penghargaan yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) beserta beberapa asosiasi bisnis dan ekonomi serta didukung oleh Kementerian Dalam Negeri RI itu, Novita Dewi mengharapkan bisa menjadi pelecut untuk peningkatan kontribusi perusahaan dalam mengembangkan pariwisata Jakarta.

"Penghargaan ini bisa diraih berkat kekompakan seluruh tim. Kita bersama mengembangkan perusahaan sebagai upaya kontribusi perusahaan dalam pengembangan pariwisata Jakarta," kata Novita.

Kebanggaan itu diungkapkan Novita karena TOP BUMD Award 2022 yang diberikan sebagai dukungan program dan kebijakan Kemendagri dan kebijakan pemerintah daerah untuk mempercepat peningkatan kinerja BUMD dalam membangun perekonomian di daerah, diikuti ribuan BUMD seluruh Indonesia.

Baca juga: Sabet dua penghargaan, Jaktour harap jadi pemain utama pariwisata DKI

Terlebih, Jaktour atau JXB mengalami peningkatan dalam prestasi dengan meraih bintang 4 untuk kategori BUMD Aneka Usaha. Pada 2021, Jaktour meraih bintang 3 setelah dilakukan seleksi secara ketat.

"Sesi penjurian TOP BUMD Award telah dilakukan pada Rabu, 20 April 2022. Dan JXB bersaing dengan lebih dari 1.150 BUMD di seluruh Indonesia," katanya.

Diharapkan pengembangan bisnis JXB mampu memberikan kontribusi besar dalam pembangunan daerah, memiliki strategi dan inovasi dalam mendukung bisnis di masa pandemi.

TOP BUMD Award bertema "Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD yang Berkelanjutan" merupakan kegiatan pembelajaran dan penghargaan bagi BUMD yang terbesar di seluruh Indonesia.

Penghargaan tersebut menjadi acuan BUMD agar selalu berprestasi dan memiliki peran penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional pada 2022.
Baca juga: Dirut Jakarta Tourisindo raih Anugerah Humas Indonesia 2020

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022