Denpasar (ANTARA) - Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) akan menyelenggarakan puncak acara Hari Koperasi ke-75 di Pulau Bali pada bulan Juli mendatang.

"Kami perkirakan acara ini akan dihadiri sekitar 6.000 orang peserta dan ada sekitar 150 bus yang akan masuk Bali dari berbagai daerah di Indonesia menjelang acara puncak. Jadi kami harap kegiatan ini juga dapat membantu pemulihan ekonomi dan pariwisata Bali," ujar Sekjen Dekopin Sarjono Amsan di Denpasar, Jumat.

Baca juga: Presiden Jokowi dijadwalkan hadir pada puncak Hari Koperasi Nasional

Ia mengatakan, pada acara puncak Hari Koperasi di Bali yang diselenggarakan di kawasan Sanur, Denpasar rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Rangkaian kegiatan Hari Koperasi ke-75 juga akan dimeriahkan dengan Expo Koperasi dan UMKM yang akan diikuti pelaku UMKM dari seluruh wilayah Indonesia.

Kegiatan Expo Koperasi dan UMKM pada puncak Hari Koperasi ke-75 itu, menurut Sarjono juga merupakan bagian dari peran gerakan koperasi untuk menyukseskan Presidensi G20 Indonesia.

"Itu karena kegiatan expo nanti juga akan kami jadikan ajang kurasi produk koperasi dan UMKM yang nantinya akan ditampilkan pada rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi G20," katanya.

Baca juga: Presiden Hadiri Acara Puncak Hari Koperasi di Bali

Sarjono Amsan menambahkan, pada kegiatan itu rencananya juga akan dimeriahkan dengan kompetisi game yang babak semi final dan finalnya akan dilaksanakan langsung di Bali sebagai salah satu upaya mengenalkan koperasi kepada generasi milenial.

"Kompetisi ini akan menjaring minat anak-anak muda untuk meramaikan perayaan Hari Koperasi ke-75," ungkapnya.

Baca juga: Teten Masduki ajak bergandengan tangan dukung kemajuan UMKM

Selain itu, para peserta juga akan diajak melakukan penanaman pohon mangrove yang akan menghadirkan Ketua DPR RI, Puan Maharani dan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan Ketua Umum Dekopin Sri Untari.

"Kebetulan ketiganya adalah tokoh perempuan sehingga akan menonjolkan aspek peran perempuan dalam pemeliharaan dan pelestarian lingkungan. Jadi aspek partisipasi perempuan dan lingkungan yang sejalan dengan tema G20 nanti," ujar Sarjono Amsan.

Baca juga: Wabup Aceh Besar: Hari Koperasi momentum tingkatkan ekonomi daerah

Terkait rencana tersebut, kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali I Wayan Ekadina menjelaskan, penyelenggaraan puncak Hari Koperasi di Pulau Dewata didukung penuh oleh Gubernur Bali Wayan Koster

"Gubernur Bali telah mengeluarkan rekomendasi dukungan sepenuhnya atas pelaksanaan Acara Puncak Hari Koperasi ke-75 ini," katanya.

Baca juga: Wakil Ketua MPR dorong pemerintah besarkan koperasi
Baca juga: Koperasi di-rebranding jadi entitas bisnis modern

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022