Depok (ANTARA) - Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) yang tergabung dalam Tim Viridis dan Tim Fuego, meraih juara 1 dan 2 di ajang Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) Indonesia Business Challenge 2022.

Tim Viridis terdiri atas Arinda Dara Ninggar, Claudio Richard, Gabriel Fiorentino Setiadin, Irene Rosari Narindraningtyas, Jessica Permata Surya, dan Muhammad Netado Sanrego.

"Dalam kompetisi ini kami menggunakan beberapa sumber dari luar untuk menentukan kerangka kerja yang sesuai untuk menjawab pertanyaan persoalan yang diajukan," kata salah seorang Tim Viridis, Netado dalam keterangannya di Depok, Jumat.

Baca juga: Mahasiswa UI juara pada kompetisi Deloitte tax challenge 2022

Dari situ, lanjut Netado, tim kami mengolah berbagai data yang tersedia, misalnya laporan keuangan dan anggaran serta informasi bisnis dan industri perusahaan yang dijadikan bahan studi kasus.

Sementara itu, Tim Fuego yang terdiri atas Felisita Agustinus, Khalisha, Komang Bintang Sanjiwani M, Lunetta Adela Maheswari, Muhammad Azzam Farras, dan Muhammad Jihad memperoleh Juara 2 (Runner-up).

Menurut Felisita, dalam kompetisi tersebut, data yang diperoleh selama kompetisi bersumber pada kasus yang disediakan oleh pihak ICAEW Business Challenge, terutama perhitungan terlampir pada penyajian 'appendix' yang menyeluruh dan 'search engine google' untuk mencari acuan yang dapat dipercaya, baik statistik data maupun perkembangan tren bisnis.

Baca juga: Dosen FEB UI raih Emerald Young Researcher Award 2021

Baca juga: Mahasiswa FEB UI raih dua penghargaan dari Ikatan Akuntan Indonesia


"Kesuksesan tim kami juga sama seperti Tim Viridis yang dibimbing oleh Dr Ancella Hermawan, Edgar Ekaputra, dan Luluk Widyawati," kata Felisita.

ICAEW Indonesia Business Challenge 2022 merupakan kompetisi kasus bisnis tahunan tingkat nasional, bertujuan untuk melatih kemampuan mahasiswa akuntansi agar berpikir kritis dalam menganalisis bisnis dan keuangan, serta mengasah kemampuan di bidang akuntansi, keuangan dan solusi masalah bisnis.

Atas kemenangan ini, Tim Viridis dan Tim Fuego akan mempersiapkan diri untuk mewakili Indonesia dalam kompetisi ICAEW Greater China and South-East Asia Business Challenge 2022. Mereka akan berkompetisi dengan 10 tim dari 5 negara berbeda.
 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022