Bulan depan kemungkinan Meikarta
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membidik gelaran ajang balap jalanan atau "street race" di kawasan Meikarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, usai kegiatan yang sama dilaksanakan di Ancol dan BSD Tangerang.

"Bulan depan kemungkinan Meikarta," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat ditemui usai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 di Lapangan Monas, Jakarta, Jumat.

Baca juga: 687 peserta ikuti balap jalanan di BSD

Sambodo menjelaskan gelaran balap di Meikarta juga akan menggunakan lintasan "drag race" atau balapan lurus sepanjang 400 meter.

Saat ini, ajang street race masih berlangsung di Jalan Grand Boulevard atau tepatnya di depan ICE BSD, Pagedangan, Tangerang.

Balapan yang berlangsung pada 22-24 April 2022 itu, diikuti oleh 687 pembalap terdiri dari 600 motor dan 87 mobil.

"Kuota hari pertama dan hari kedua sudah penuh. Hari ketiga saya cek itu sudah 87 pembalap, jadi sisa 13 tadi siang itu sudah terdaftar," ujar dia.

Sambodo mengungkapkan pada gelaran street race kedua ini, pihaknya menyiapkan kategori untuk kendaraan roda empat karena permintaan yang tinggi dari penggemar balap roda empat.

Baca juga: Polda Metro pastikan lintasan street race BSD siap 100 persen

Giat street race kali ini juga masih mengusung format yang sama dengan gelaran pertama di Ancol, Jakarta Utara, yakni drag race.

Sambodo yang menjajal langsung lintasan drag race tersebut dengan sepeda motor sport 4 tak juga memastikan lintasan balap tersebut sudah siap 100 persen.

Perwira menengah Polda Metro Jaya itu juga menambahkan karena agenda street race tersebut digelar pada bulan Ramadhan, maka gelaran tersebut akan dibatasi pada pukul 14.00-17.00 WIB dan dilanjutkan dengan bakti sosial ke panti asuhan bersama komunitas balap.

Kegiatan ini adalah hasil kerja sama Polda Metro Jaya dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) dalam rangka memfasilitasi para pemilik hobi balap agar tidak terlibat balap liar.


Baca juga: Pertamina dan PP IMI gelar "street race" di BSD cegah balap liar

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022