Jakarta (ANTARA) - Platform e-dagang Tokopedia mencatat kategori Ibu dan Anak serta Fesyen Anak masih menjadi salah satu kategori yang paling laris di Tokopedia pada kuartal I 2022.

"Dibandingkan kuartal sebelumnya, produk seperti popok sekali pakai, susu anak, minyak telon, sampo dan sabun bayi, serta kapas dan tisu bayi menjadi beberapa produk paling laris pada sub kategori Ibu dan Anak di Tokopedia pada kuartal I 2022," kata Head of Category Development Tokopedia Ramadhan Niendraputra dalam keterangannya, Sabtu.

"Produk seperti kaos polos anak, tas selempang anak, tas sekolah, ikat rambut anak dan kaos kaki anak menjadi beberapa produk yang paling diburu di sub kategori Fesyen Anak," ujarnya menambahkan.

Tren ini turut didorong oleh sederet inisiatif dari Tokopedia untuk memenuhi kebutuhan orang tua akan produk yang berkaitan dengan anak, sekaligus mendukung para pegiat usaha lokal yang menjual produk terkait.

Misalnya Tokopedia Parents, sebuah ekosistem khusus di Tokopedia untuk mempermudah masyarakat, terutama komunitas orang tua, mendapatkan produk kebutuhan serta informasi relevan berkaitan dengan anak, keluarga dan rumah tangga.

Tak hanya itu, Tokopedia Parents juga menghadirkan kampanye Kids Fashion Festival dengan menggandeng UMKM lokal yang menjual berbagai produk fesyen anak dan berlangsung dari hari ini tanggal 22-26 April 2022.

Di sisi lain, Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal untuk lebih mendekatkan UMKM lokal di berbagai daerah, pada kategori yang berhubungan dengan produk kebutuhan anak, dengan pembeli setempat agar memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

"Didorong oleh inisiatif Hyperlocal ini, kami melihat Pacitan, Lampung Selatan, Langsa, Gunungkidul, dan Klungkung menjadi beberapa daerah dengan peningkatan jumlah penjual produk kebutuhan anak paling tinggi selama 2021 dibandingkan 2020," kata Ramadhan.

Baca juga: Riset Ipsos ungkap keunggulan produk & layanan pengiriman Tokopedia

Baca juga: Cara sederhana cegah kulit kering saat puasa

Baca juga: TokoMall hadirkan fitur koleksi NFT "Collectibles"

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022