Kami sudah membuat edaran ke puskesmas yang rawat inap diminta membuat posko 24 jam, untuk
Purwokerto, JatengJateng (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyiagakan seluruh puskesmas yang ada wilayah itu untuk melayani masyarakat pada masa Lebaran 2022.

"Dinas Kesehatan menyiapkan tenaga kesehatan dan sarana-prasarana kesehatan. Kami sudah membuat edaran ke puskesmas yang rawat inap diminta membuat posko 24 jam, untuk puskesmas rawat jalan juga ada posko PPPK namun sifatnya mengikuti jam kerja," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Banyumas Arif Sugiyono di Purwokerto, Banyumas, Sabtu.

Menurut dia, Dinkes Banyumas juga terlibat dalam posko pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2022 yang didirikan Dinas Perhubungan bersama Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas di 12 lokasi.

Selain memberikan pelayanan kesehatan maupun pertolongan pertama pada kecelakaan (PPPK), tenaga kesehatan yang terlibat di posko pengamanan tersebut juga diproyeksikan untuk memberikan layanan vaksinasi bagi pemudik.

"Ada pelayanan vaksinasi juga, tetapi untuk saat ini masih kami finalisasi terkait batas waktu pelaksanaan vaksinasi karena berdasarkan arahan Kementerian Kesehatan sampai H-3 Lebaran untuk mengantisipasi kemungkinan adanya KIPI (Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi) dan sebagainya pada orang yang masih dalam perjalanan," katanya.

Kendati demikian, Arif mengatakan bagi masyarakat yang memerlukan vaksin COVID-19 bisa mendapatkannya di fasiltas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, maupun klinik sesuai dengan waktu pelayanan.

Pihaknya juga mengarahkan seluruh fasilitas kesehatan untuk selalu memberikan edukasi kepada masyarakat terutama yang berkaitan dengan protokol kesehatan.

"Kemudian, bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksin 'booster' (penguat), kami dorong untuk segera menjalani vaksinasi dosis ketiga itu. Apalagi yang belum divaksin, kami dorong untuk segera vaksinasi," katanya.

Selain antisipasi penularan COVID-19 pada masa mudik Lebaran 2022, pihaknya juga meningkatkan kesiapsiagaan terhadap penyebaran penyakit menular lainnya seperti demam berdarah, demikian Arif Sugiyono .

Baca juga: Dinkes Banyumas siagakan seluruh Puskesmas di jalur mudik

Baca juga: Dinhub Banyumas siapkan jalur alternatif mudik Lebaran 2022

Baca juga: Pemkab Banyumas izinkan objek wisata buka saat libur Lebaran

 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022