Jakarta (ANTARA) -
Persiapan atlet triatlon Indonesia menuju SEA Games Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei, berjalan lancar dan saat ini mereka terus menggenjot latihan yang terpusat di Bandung, Jawa Barat.

"TC (Training Centre) dimulai sejak 3 Januari dan sampai sekarang sudah lebih dari empat bulan atlet melakukan persiapan. Kami juga sudah try in satu kali di PIK (Pantai Indah Kapuk)," kata Manajer timnas triatlon Dika Chrisna Irzandi kepada ANTARA, Sabtu.
 
Atlet triatlon Indonesia menjalani pemusatan latihan (TC) di Bandung, Jawa Barat sejak awal tahun 2022. Mereka terus mengikuti berbagai program dari pelatih, termasuk melakukan uji coba di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta, pada 2 April.

Selama menjalani TC, lanjut Dika,  timnas trilomba terus fokus dan mengurangi interaksi dengan banyak orang. Hal ini dilakukan karena saat ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

Selain disiplin berlatih, atlet juga ketat dalam menjaga pola makan. "Kami ada tim nutrisionis yang selalu mengontrol teman-teman. Jadi ada denda khusus buat atlet yang makan tidak sesuai dengan saran nutrisionis," ujar Dika.

Federasi Triathlon Indonesia (FTI)  menyiapkan delapan atlet untuk turun pada empat nomor perlombaan yakni triatlon putra dan putri (renang, lari, sepeda), serta dwilomba putra dan putri (lari dan sepeda) pada SEA Games Hanoi.

Dari sektor putra ada Jauhari Johan, Rudi Febriade, Ronald Bintang Setiawan, dan Aloysius Reckyardo Mardian. Sementara untuk putri yakni Eva Desiana, Zahra Bulan Aprillia Putri, Nethavani Octaria, dan Inge Prasetyo.

Terkait pemberangkatan, rencananya Jauhari Johan dan kawan-kawan bertolak ke Vietnam pada 6 Mei.

"Perlombaannya pada 14-15 Mei. Jadi kami berangkat lebih awal agar atlet aklimatisasi atau adaptasi dengan cuaca, kelembapan suhu. Jadi diharapkan pas waktunya berlomba sudah adaptif dengan kondisi di sana," ujar Dika.


Baca juga: Atlet Indonesia Andy Wibowo juara HK Endurance Challenge di Lombok
Baca juga: Super League Triathlon Pertama Di Indonesia Resmi Digelar
Baca juga: Sumut siap gelar triatlon di Danau Toba

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022