Salah satu upaya adalah dengan melakukan kegiatan reklamasi pascatambang. Hingga akhir 2021, Indocement telah menanam hampir 150.000 pohon multispesies di tiga lokasi pabrik
Kabupaten Bogor (ANTARA) - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk menggelar gerakan tanam pohon serentak di seluruh area operasionalnya yang meliputi Kompleks Pabrik Citeureup, Kompleks Pabrik Cirebon, dan Kompleks Pabrik Tarjun, menyemarakkan Hari Bumi 2022.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda rutin tahunan perseroan dalam meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap bumi sebagai tempat tinggal manusia," kata Direktur dan Sekretaris PT Indocement Tunggal Prakarsa, Antonius Marcos di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Menurutnya, melalui kegiatan bertajuk #InvestInOurPlanet atau "Berinvestasi di Planet Kita" Indocement yang telah dilaksanakan pada Jumat (22/4) dan diikuti Dirut Indocement Christian Kartawijaya itu, pihaknya juga mengajak perwakilan pemangku kepentingan dari masyarakat sekitar yaitu beberapa kelompok tani (poktan).

Ia menyebutkan pihaknya menyadari kegiatan pertambangan yang dilakukan berpotensi menimbulkan dampak bagi lingkungan. Karena itu, Indocement berupaya mengurangi dampak kerusakan lahan melalui rencana pengelolaan serta pemantauan lingkungan sesuai dengan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) dan rencana reklamasi lahan pascatambang.

"Salah satu upaya adalah dengan melakukan kegiatan reklamasi pascatambang. Hingga akhir 2021, Indocement telah menanam hampir 150.000 pohon multispesies di tiga lokasi pabrik," katanya.

Ia menjelasan pohon yang ditanam juga bisa berfungsi sebagai "windbreaker" atau penahan angin dari proses produksi Indocement, kemudian meningkatkan pasokan oksigen dan penyerapan karbon dioksida, meningkatkan penyerapan air, serta dapat menurunkan temperatur udara.

Menurutnya, dengan adanya momentum Hari Bumi, Indocement mengajak seluruh lapisan masyarakat di Indonesia untuk terus menjaga kelestarian lingkungan hidup demi masa depan bumi.

"Melalui kegiatan-kegiatan yang berdampak positif kepada lingkungan seperti menanam pohon, menghemat penggunaan energi, menggunakan transportasi umum, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai ataupun mengkonsumsi produk-produk daur ulang," kata Marcos.
Dirut T Indoceent Christian Kartawjaya (tengah) sedang menanam dalam rangka peringatan Hari Bumi 2022 di Pabrik Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (22/4/2022). (FOTO ANTARA/HO-Indocement)


Komitmen keberlanjutan 

Salah satu terobosan hijau yang telah dilakukan Indocement yaitu memroduksi semen hijau yang ramah lingkungan. Indocement telah meluncurkan semen hidraulis yang proses produksinya menghasilkan karbon dioksida jauh lebih rendah dibandingkan dengan jenis semen portland.

Ia menyebutkan, proses produksi semen hidraulis mampu mengurangi pemakaian klinker sebesar 10 persen - 13 persen dan jumlah energi batu bara sehingga jumlah karbon dioksida yang dihasilkan menjadi berkurang.

Menurutnya, selama 2021, Indocement berhasil menambah jumlah penggunaan bahan bakar alternatif sampai dengan 12,2 persen. Pihaknya menargetkan penggunaan bahan bakar alternatif hingga 25 persen di tahun 2025.

"Upaya keberlanjutan lainnya yaitu penurunan emisi GRK Scope 1 yang dihasilkan Perseroan tahun 2021 menjadi 606 kg CO2/ton semen ekuivalen dari tahun sebelumnya yaitu 623 kg CO2/ ton semen ekuivalen," katanya.

Indocement melakukan berbagai upaya untuk melestarikan lingkungan dan telah mendapatkan evaluasi dari pemerintah. Hal ini ditandai dengan perolehan Proper Hijau bagi Kompleks Pabrik Citeureup, Kompleks Pabrik Cirebon, dan Kompleks Pabrik Tarjun, demikian Antonius Marcos.


Baca juga: Indocement komitmen lestarikan lingkungan dengan menanam ratusan pohon

Baca juga: Indocement tanam 100 pohon di area mata air Cikukulu Bogor

Baca juga: Indocement Kembangkan Jarak Pagar Untuk Energi

 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022