Posyan ini nantinya dapat digunakan pemudik untuk istirahat, pengecekan kesehatan maupun pelayanan lainnya.
Bandarlampung (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menyiapkan 17 pos, yaitu sembilan pos pelayanan (posyan) dan delapan pos keamanan (pospam) bagi para pemudik maupun pengguna jalan yang melintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno melalui Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, sembilan pos pelayanan tersebut di antaranya berada di Rest Area Km 20B, Km 49A, Km 49B, Km 87B, Km 116B, Km 172B, Km 208A, Km 215B, dan Km 234A.

"Posyan ini nantinya dapat digunakan pemudik untuk istirahat, pengecekan kesehatan maupun pelayanan lainnya," kata Pandra, di Bandarlampung, Jumat.

Dia menyebutkan, selain itu ada juga sebanyak delapan pos pengamanan (pospam) di JTTS yang siap melakukan pengamanan terhadap masyarakat yang melaksanakan mudik melintasi JTTS.

Delapan pospam tersebut, di antaranya berada di Rest Area Km 20A, Km 33A, Km 33B, Km 67A, Km 67B, Km 87A, Km 116A, dan Km 163A.

"Kami mendirikan pospam di JTTS dalam rangka memberikan rasa aman kepada pelaku perjalanan yang melintas di JTTS wilayah hukum Polda Lampung," kata dia lagi.

Pandra menambahkan di lokasi posyan juga dilengkapi dengan kendaraan ambulans dan kendaraan derek dengan tujuan agar dapat lebih melayani para pemudik yang melintasi JTTS.

"Selain itu, di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan juga memiliki posyan terpadu yang akan membantu pemudik," kata dia lagi.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar menghubungi call center 110 secara gratis jika melihat peristiwa tindak pidana kejahatan pada arus mudik maupun balik iIdul Fitri tahun 2022.

"Tidak hanya melihat peristiwa tindak kejahatan saja, jika melihat seseorang yang mencurigai agar segera juga melaporkan baik melalui call center 110 maupun kepada petugas kepolisian terdekat yang berada di Posyan Terpadu Pelabuhan Bakauheni," katanya pula.

"Saya juga mengimbau kepada pemudik agar selalu menjaga barang bawaannya ketika sedang istirahat baik di rest area maupun Posyan Terpadu Bakauheni. Semoga dalam perjalanan mudik tahun ini pemudik dalam perjalanan selamat sampai tujuan dan dapat berkumpul dengan keluarga di kampung halamannya untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri," katanya lagi.
Baca juga: Penambahan fasum di rest area JTTS ruas Bakter dikebut jelang mudik
Baca juga: Mentri PUPR tinjau kesiapan mudik Lebaran di JTTS

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022