Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menyediakan sejumlah posko layanan mudik Lebaran 2022 di beberapa titik di luar jalan tol guna mengantisipasi penumpukan pemudik.

"Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah memang telah disiapkan sejumlah posko layanan mudik di luar jalan tol," ujar Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung, Qodratul Ikhwan, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan, pembukaan posko layanan mudik di sejumlah titik di luar Jalan Tol Trans Sumatera disiapkan untuk mengantisipasi adanya penumpukan penumpang pada periode mudik Lebaran.

"Pembuatan posko layanan mudik tersebut dibentuk untuk membantu pemudik yang melewati jalan lintas selain tol dan ingin beristirahat, dalam melakukan perjalanan," katanya.

Baca juga: Menko PMK minta masyarakat jangan pilih mudik saat puncak arus

Menurutnya, posko tersebut dibuka dengan bekerjasama bersama kabupaten dan kota, Dinas Perhubungan, serta Polda Lampung.

"Diharapkan adanya posko layanan mudik tersebut dapat mengantisipasi ketika ada penumpukan kendaraan, dan pemudik diharuskan untuk melewati jalan alternatif serta membutuhkan tempat untuk beristirahat sementara waktu," ucapnya.

Selain itu ia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam perjalanan.

"Mudik kali ini jangan dilupakan juga penerapan protokol kesehatannya, seperti penggunaan masker itu tidak bisa ditinggal. Jangan sampai tren penurunan kasus COVID-19 ini jadi tidak bisa dijaga," katanya pula.

Baca juga: Menhub minta dukungan media sampaikan imbauan mudik lebih awal
 

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022