Masyarakat tak perlu khawatir, acara perhelatan ini sama sekali tidak dipungut biaya,"
Jakarta (ANTARA News) - Kembang Api akan dinyalakan di kawasan Monas, DKI Jakarta, Jumat, pukul 21.45 WIB sebagai tanda dimulainya pesta olahraga Asia Tenggara SEA Games XXVI di Palembang dan Jakarta, 11-22 November 2011.

"Sebagai salah satu lokasi tempat diselenggarakannya SEA Games XXVI, sudah sepatutnya Jakarta juga menyambut dimulainya pesta olahraga itu dengan menyalakan kembang api," kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Jumat.

Selain menyulut kembang api pada pukul 21.45 Wib, kegiatan memeriahkan dimulainya pesta olahraga Asia Tenggara itu juga diisi dengan pesta rakyat mulai Jumat sore hingga tengah malam.

Karena itu, Foke mengimbau masyarakat memeriahkan pembukaan SEA Games dengan datang ke Monas secara beramai-ramai, pintu Monas dibuka sejak pukul 15.00 Wib.

Pintu yang bisa diakses warga masyarakat untuk masuk ke taman Monas adalah pintu di sisi Silang Barat Monas. "Masyarakat tak perlu khawatir, acara perhelatan ini sama sekali tidak dipungut biaya," jelas Foke.

Ragam budaya Betawi juga akan dipertunjukkan di sana, mulai dari tarian Betawi, hiburan ondel-ondel, hingga silat.

Tujuan lain dari kegiatan ini, tambah Foke, adalah agar atlet, official, dan wasit yang tidak bisa menghadiri pembukaan di Palembang bisa ikut merasakan atmosfer pembukaan pesta olahraga tersebut di Jakarta.

"Saya berharap seluruh kontingen sukses dalam setiap kompetisi. Saya juga meminta maaf apabila terdapat pelayanan yang kurang nyaman," kata Foke.

Foke direncanakan membuka acara itu pada pukul 19.00 WIB dengan ditemani perwakilan kontingen 11 negara yang akan turut menyaksikan secara langsung relay upacara pembukaan SEA Games ke-26 dari Palembang di Monas.

Humas Pemprov DKI Jakarta dalam rilisnya juga mengatakan, sejumlah artis dan band ternama siap memeriahkan perhelatan besar ini seperti Titi DJ, Sandy Sandoro, Duo Maia, KSP Band, Coklat, dan Netral.

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Fadjar Panjaitan yang menjabat sebagai Ketua Inasoc DKI Jakarta mengatakan, acara relay pembukaan SEA Games akan dimulai sejak pukul 18.00 WIBdi Monas, sebelum acara resmi di Palembang yang akan berlangsung mulai pukul 19.00 WIB.

"Rangkaian acara di Monas akan kami awali dengan menyambut kedatangan Gubernur DKI Jakarta disertai tradisi palang pintu. Setelah itu, kami akan bergabung dengan Palembang untuk mengikuti pembukaan SEA Games secara langsung," katanya.
(ANT-136)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011