Makassar (ANTARA) - Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIX Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar), Kementerian Perhubungan menyiapkan 26 posko untuk mengantisipasi arus mudik Lebaran 1443 Hijriah/2022 Masehi.

"Kami dari BPTD Sulselbar sudah melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait serta Dinas Perhubungan Provinsi terkait persiapan angkutan Lebaran di tiap wilayah kabupaten/kota. Ada 26 posko diaktifkan," ujar Kepala BPTD Wilayah XIX Sulselbar Suria Abdi di Makassar, Minggu.

Menurut dia, di sela pengecekan kelaikan kendaraan trayek Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) serta Angkutan Kota Antarprovinsi (AKAP) di Terminal Regional Daya, merupakan salah satu upaya dari penyiapan posko untuk memastikan arus mudik berjalan aman.

Baca juga: Pemudik antarkabupaten mulai padati Terminal Daya Makassar

"Jadi, disiapkan posko di terminal. Ada enam posko di terminal Sulselbar, termasuk Terminal Data. Rencana posko mudik diaktifkan pada 25 April sampai 10 Mei 2022. Kita juga akan bergabung dengan posko terpadu di simpang lima bandara pada 28 April nanti," katanya.

Selain posko terpadu di Bandara Internasional Hasanuddin, disiapkan juga posko di pelabuhan-pelabuhan, seperti Pelabuhan Makassar, pelabuhan penyeberangan di Siwa, Bajoe, Bira, Pamatata, Pelabuhan Danau Matano, Nuha, dan Tinampu.

"Artinya, kami akan melakukan penugasan kepada seluruh anggota Kemenhub di BPTD untuk membuka posko mulai 25 April sampai 10 Mei 2022, dan itu serentak di Indonesia," katanya.

Pihaknya memprediksi, puncak arus mudik akan berlangsung pada 28-30 April 2022, mengingat Pemerintah Pusat telah menetapkan libur nasional mulai 29 April 2022.

"Kami berharap masyarakat yang tidak bekerja sebagai pegawai negeri (ASN), BUMN, serta BUMD bisa melaksanakan mudik lebih awal agar tidak terjadi kepadatan penumpang," ucapnya.

Selain kesiapan posko arus mudik, pihaknya akan menfungsikan jembatan timbang yang biasa di gunakan untuk pengukuran tonase kendaraan sebagai rest area bagi pemudik saat menuju daerah masing-masing.

Baca juga: Dinkes Sulsel sebut stok vaksin booster aman menjelang mudik lebaran

Baca juga: Dinkes Sulsel: Stok vaksin booster melimpah untuk mudik Lebaran


"Ada 10 jembatan timbang yang beroperasi, kita akan fungsikan sebagai rest area pada saat mudik Lebaran untuk saudara-saudara kita yang kelelahan saat berkendara kalau mau beristirahat," tuturnya.

Suria menambahkan semua pemangku kepentingan terkait pelaksanaan mudik, seperti Dishub, TNI Polri, hingga Dinas Kesehatan, sesuai Surat Edaran Satgas COVID-19 dan Surat Edaran Menteri Perhubungan menyatakan setiap penumpang wajib menerapkan protokol kesehatan, salah satunya mengenakan masker, termasuk telah divaksin minimal dosis 2.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022