Jakarta  (ANTARA News) - Thailand menghancurkan Kamboja 4-0 tanpa balas pada pertandingan Grup A SEA Games 2011 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat.

Gol Thailand diciptakan oleh Natarid Thammroddodpon menit ke-19, Attapong Nooprom (75, 86) dan Kroekrit Thawikan (78). Dengan demikian, anak asuh Prapol Pongpanich mengumpulkan tiga poin dari dua pertandingan.

Thailand yang menargetkan menang pada pertandingan kedua ini langsung menekan pertahanan Kamboja. Serangan dari semua sisi terus dilakukan hingga beberapa peluang tercipta.

Upaya anak asuh Prapol Pongpanich menciptakan peluang pada menit 19 setelah Natarid Thammroddodpon mampu memperdayai penjaga gawang Kamboja, Um Vichet sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Thailand yang pada pertandingan pertama kalah 1-2 dari Malaysia itu terus menekan. Peluang kembali terjadi pada menit 34. Hanya saja tendangan keras dari Ronnachai Rangsiyo mampu ditangkap oleh penjaga gawang Kamboja.

Kamboja yang didominasi pemain U-19 dan U-20 juga bermain cukup agresif. Beberapa peluang juga tercipta hanya saja selalu tertahan dibarisan pertahanan Thailand yang dikawal Tanapol Udomlap. Hingga babak pertama usai kedudukan tetap 1-0 untuk Thailand.

Memasuki babak kedua, Kamboja mencoba membangun serangan melalui sisi kanan. Tekanan itu sempat membuat barisan pertahanan Thailand kewalahan. Namun tendangan keras pemain Kamboja masih selalu tinggi diatas mistar gawang.

Thailand-pun tidak tinggal diam dan terus memborbardir pertahanan Kamboja yang diasuh oleh Lee Tae Hoon itu. Tendangan yang kurang akurat dan sering membentur mistar gawang gagal menambah gol.

Akhirnya pada menit 75, Attapong Nooprom memecah kebutuhan dengan menjebol gawang Kamboja dengan sundulan sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Unggul 2-0 tidak membuat pemain Thailand mengendorkan serangan dan hasilnya pada menit 78, Kroekrit Thawikan mampu menciptakan gol setelah meneruskan bola muntah dari penjaga gawang Kamboja, Um Vichet sehingga mengubah kedudukan menjadi 3-0.

Dominasi Thailand terus berlanjut dan pemain dari Negeri Gajah Putih itu mampu menambah pundi-pundi golnya pada menit 86 lewat kaki Attapong Nooprom untuk memperbesar keunggulan menjadi 4-0.

Hingga peluit panjang tanda pertandingan usai ditiup wasit asal Myanmar, Win Htut, kedudukan 4-0 tidak berubah ntuk kemenangan Thailand.

Berikut susunan pemain:

Thailand: Ukrit Wongmeena (gk), Seeket Madputeh, Attapong Nooprom/Isarapong Lilakorn, Ekksasit Chaobut, Sarach Yooyen, Ronnachai Rangsiyo, Naruphol Ar-Romsawa/Kroekrit Thawikan, Natarid Thammroddodpon (c), Pokklaw A-Nan, Tanapol Udomlap dan Komkrit Cumsokcheak.

Kamboja: Um Vichet (gk)/, Lay Raksmey, Sok Rithy (c), Sok Sovan, Touch Pancharong, Tum Saray/Prak Mony Udon, Keo Sokngon/Sok Pheng, Pheak Rady, Sos Suhana/Moul Daravron, Chhin Chhoeun/Samut Dalin dan Phourng Soksana.

(T.B016/A032/A016)

Editor: Imansyah
Copyright © ANTARA 2011