Jakarta (ANTARA) - Britghton harus puas bermain imbang 2-2 ketika berhadapan dengan Southampton meski sempat unggul dua gol pada babak pertama dalam pekan ke-34 Liga Inggris di Stadion American Express, Brighton, Minggu.

Pada pertandingan ini, Brighton mampu unggul cepat pada menit ke-2 melalui upaya dari Danny Welbeck dan gol bunuh diri Mohammed Salisu pada menit ke-44, meskipun begitu, Southampton berhasil menyamakan kedudukan melalui dwigol dari James Ward-Prowse menit 45+4 dan 54.

Hasil imbang ini membuat kedua tim tidak beranjak dari posisi mereka sebelumnya, yakni Brighton bertengger di posisi ke-11 dengan raihan 41 poin dari 34 laga, sedangkan Southampton berada di peringkat 13 dengan torehan 40 poin.

Baca juga: Burnley amankan kemenangan 1-0 atas Wolves

Pada babak pertama, Brighton berhasil unggul cepat melalui tendangan Welbeck setelah mendapatkan bola muntah dari kiper Southampton Fraser Forster sehingga mengubah skor menjadi 1-0 pada menit 2.

Tertinggal lebih dulu, Southampton berusaha bangkit dan menciptakan peluang ketika tendangan jarak jauh Tino Livramento membentur gawang tiang gawang Brighton.

Sempat beberapa kali menekan, Southampton kembali tertinggal kali ini karena bek Salisu melakukan gol bunuh diri setelah mencoba menyapu umpan terobosan dari Leandro Trossard sehingga skor berubah menjadi 2-0 pada menit ke-44.

Sebelum berakhirnya babak pertama, Southampton mampu memperkecil ketertinggalan melalui tendangan bebas Ward-Prowse pada menit 45+4 dan membuat skor 2-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Baca juga: Gol larut Christian Pulisic menangkan Chelsea atas West Ham

Pada babak kedua, Southampton terus berusaha mencari gol penyeimbang dan akhirnya membuahkan hasil pada menit 54 ketika Ward-Prowse mencetak gol keduanya dalam laga ini setelah menerima umpan dari Oriol Romeu dan mengubah skor menjadi 2-2.

Mampu menyamakan kedudukan, Southampton mencoba untuk berbalik unggul ketika Romeo mampu menanduk bola umpan dari Stuart Armstrong, namun upaya dari pemain asal Spanyol itu masih melambung di atas gawang Brighton.

Ward-Prowse memiliki peluang untuk mencetak trigol pada laga ini ketika tendangan volinya di luar kotak penalti masih menyamping tipis dari gawang Brighton.

Pada sisa waktu babak kedua, baik Brighton atau Southampton tidak mampu mencetak gol tambahan sehingga skor 2-2 tetap bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Baca juga: Lampard minta Everton tampil mati-matian hadapi Liverpool

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022