Makassar (ANTARA News) - Grup musik papan atas Naif optimistis musik di Indonesia tumbuh bagus selama musisi tetap produktif dan penikmat musik terus menghargai karya para musisi tersebut.

"Cuman dari aspek industrinya saja yang memang agak lemah. Jadi band-band baru tidak usah pikirkan aspek bisnis, berkarya saja terus. Bikin lagu, kalau bagus, pasar yang langsung meminta, industri yang datang," kata vokalis Naif, David saat berbagi saran dan pengalaman dengan tiga band lokal di Makassar, Jumat.

Menurutnya dalam proses kreatif membuat lagu, grup musik yang digawangi Emil (bass), Djarwo (gitar), David (vokal) dan Pepeng (drummer) ini tidak pernah mempertimbangkan unsur bisnis secara mendalam. Mereka hanya mengkreasikan musik yang kira-kira bakal disukai publiknya.

Selama masih kreatif, kata dia, maka eksistensi band juga akan semakin lama. Sehingga ia berharap, band-band pemula tidak putus asa berkreasi, sebab mereka otomatis akan mendapatkan pasarnya ketika rajin mengeluarkan karya.

Dalam kesempatan itu, selain proses pembuatan lagu mereka juga berbagi pengalaman cara mengatasi kendala teknis bermusik saat tampil di panggung.

Band-band lokal Makassar, Sibuya, Wijas dan Mokas, disarankan agar tak segera panik ketika berhadapan dengan situasi yang yang terduga. David mencontohkan, Naif pernah tiba-tiba harus memutuskan berhenti membawakan lagu dan segera mengajak audiensnya berbicara karena listrik padam.

"Komunikasi dengan audiens itu juga penting. Salah satu cara menutupi kekurangan performa di panggung yakni dengan cara mengajak mereka atraktif," katanya.

Terkait kecenderungan musik dan perkembangan grup musik di Makassar, David mengatakan, kota ini menjadi salah satu daerah yang paling dinamis setelah Jakarta. Hal ini juga dapat dilihat dari banyaknya even musik yang menghadirkan grup musik kelas internasional seperti "Mr Big" dan pemain saksofon Kenny G dalam waktu dekat.

Kehadiran Naif di Makassar dalam rangka mengisi acara yang disponsori salah satu produsen rokok besar nasional bertajuk "as u like it", Sabtu (12/11). Acara ini merupakan ajang pertemuan antara konsumen dengan band papan atas yang sifatnya lebih personal.

Dalam kegiatan itu Naif akan lebih atraktif dengan berbagi cerita musik bersama penggemarnya. Direncanakan sekitar 12 lagu akan dibawakan Naif, baik lagu produksi sendiri maupun aransemen ulang dari grup musik lain. (AAT/M009)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011