Jayapura (ANTARA) - Kodam XVII/Cenderawasih memastikan situasi keamanan di Papua kondusif sehingga warga negara asing tidak perlu khawatir.

"Memang ada beberapa daerah terutama di kawasan pegunungan yang ada gangguan keamanan namun itu jauh dari ibukota provinsi," kata Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Letnan Kolonel Kavaleri Herman Taryaman, kepada ANTARA, di Jayapura, Papua, Senin. 

Baca juga: Anggota DPR: Evaluasi pendekatan keamanan di Papua

Ia menyatakan, menjadi hak semua negara --termasuk Amerika Serikat-- untuk melindungi warga negaranya sehingga mengeluarkan peringatan agar sementara waktu tidak ke Papua. Walau demikian secara keseluruhan situasi keamanan di Papua kondusif dan aktivitas masyarakat berlangsung normal. "TNI-Polri akan melindungi seluruh masyarakat termasuk warga negara asing yang ada di Papua," kata Herman.

Baca juga: Wapres sebut kesejahteraan dan keamanan kunci pembangunan Papua

Secara terpisah, Kepala Kantor Imigrasi Jayapura, Rivandi Rivai, menyatakan, belum ada laporan tentang WNA Amerika Serikat yang datang ke Jayapura. "Saat ini yang berkunjung adalah WNA Inggris dan Kanada serta pemegang KITAS dan mereka tetap beraktivitas secara normal baik sebagai pilot, guru maupun pekerja sosial lainnya," kata dia.

Baca juga: Tantangan panglima TNI juga perang siber dan keamanan-geopolitik
 
"Dengan adanya peringatan kepada warga negara Amerika Serikat agar tidak ke Papua untuk sementara waktu, maka kemungkinan mereka (WN Amerika Serikar, sejak dari) bandara awal tidak diizinkan masuk Papua," kata dia. 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022