Bandung (ANTARA) - Kepala Polresta Bandung, Komisaris Besar Polisi Kusworo Wibowo, menyebut arus mudik dari kawasan Cileunyi hingga Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, masih tergolong landai pada H-7 menuju Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Pada H-7 ini masih belum ada peningkatan kendaraan yang signifikan, volumenya masih standar, landa-landai saja," kata dia, di Pos Terpadu Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin.

Baca juga: Kendaraan tujuan Tasikmalaya, dialihkan ke Garut kota

Arus lalu-lintas yang mengarah ke timur dari kawasan Cileunyi menurutnya masih standar seperti hari-hari biasanya. Begitu pula di gerbang tol Cileunyi, arus kendaraan keluar tol masih landai.

Adapun sejak pukul 05.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB, tercatat ada sebanyak 10.802 kendaraan yang keluar dari gerbang tol Cileunyi. Angka tersebut merupakan jumlah rata-rata normal harian.

Baca juga: Lalu lintas Nagreg-Garut padat merayap Minggu malam

Kusworo mengatakan, di gerbang tol Cileunyi terpasang sebanyak lima gardu tol. Namun jumlah gardu tol bisa ditambah menyesuaikan dengan kepadatan arus lalu lintas. "Gardu tol yang difungsikan masih lima, tapi itu bisa ditambahkan, bisa sampai tujuh tambahannya," kata Kusworo.

Ia pun mengingatkan kepada masyarakat yang akan mudik agar melakukan persiapan, mulai dari mempersiapkan kendaraan, dan juga mempersiapkan kondisi fisik.

Baca juga: Polisi pasang pembatas jalan di jalur selatan

Jika merasa lelah, ia mengimbau kepada masyarakat agar beristirahat di area rehat atau di sejumlah pos pengamanan polisi. Karena, kata dia, pos pengamanan polisi juga menyediakan tempat istirahat untuk pemudik.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022