Kasum TNI tinjau pengamanan KTT Asean 2011

Nusa Dua (ANTARA News) - Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Suryo Prabowo meninjau kesiapan pengamanan pelaksanaan KTT ke-19 ASEAN dan KTT ke-6 Asia Timur di Nusa Dua, Bali, Sabtu.

Dalam peninjauan itu Kasum TNI didampingi Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Leonard Louk dan Kepala Kepolisian Daerah Bali Inspektur Jenderal Totoy Herawan Indra.

Kasum meninjau pengamanan di sejumlah venue, ruangan di lokasi KTT ASEAN 2011 dan KTT Asia Timur akan dilaksanakan di Bali International Convention Center, Nusa Dua.

Namun, usai peninjauan Kasum TNI enggan memberikan komentar.

Pengamanan menjelang KTT ASEAN dan KTT Asia Timur pada medio pekan depan telah dilakukan berlapis mulai dari jalan protokol hingga area di kawasan Nusa Dua tempat konferensi diselenggarakan.

Tampak sejumlah aparat baik TNI dan Polri berjaga di sepanjang jalan atau titik lokasi di khususnya dari Bandara Internasional Nguraj Rai hingga kawasan Nusa Dua.

Untuk memantapkan pengamanan menjelang pelaksanaan konferensi yang akan dihadiri sebanyak 16 kepala negara/pemerintahan itu, TNI dan Polri pun menggelar latihan gabungan pengamanan KTT ASEAN dan KTT Asia Timur yang diikuti sekitar 15 ribu personel TNI/Polri.

Ke-15 ribu personel yang dikerahkan itu terdiri atas Komando Operasional Pengamanan TNI sebanyal 7.562 personel, Satgas Pengamanan VVIP 750 orang, dan Satgas Pengamanan Wilayah 2.563 personel.

Selain itu terdapat pula Satgas Pengamanan Laut sekitar 600 personel, Satgas Pengamanan Udara 300 personel, satuan intelijen sekitar 200 personel dan aparat Polri sekitar 1.799 personel.

Panglima Kodam Udaya Mayjen Leonard mengatakan seluruh unsur pengamanan harus melaksanakan tugas itu dengan baik sesuai prosedur berlaku.

"Ini menyangkut citra bangsa dan negara Indonesia, maka laksanakan dengan sungguh-sungguh, profesional sesuai prosedur berlaku," katanya.

Rencananya kesiapan pengamanan KTT ke-19 ASEAN dan KTT Asia Timur akan ditinjau Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Suryo Prabowo dan Wakil Kepala Polri Komjen Pol Nanan Soekarna.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Presiden Jokowi hadiri KTT ASEAN Ke-37 secara virtual

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar