Makassar (ANTARA) - Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Provinsi Sulawesi Selatan menyiagakan personel untuk tugas mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2022 di daerah itu.

"Basarnas melaksanakan Siaga SAR Khusus dalam rangka mengantisipasi kondisi darurat kecelakaan transportasi secara profesional saat arus mudik Lebaran," ujar Kepala Basarnas Sulsel Djunaidi saat Apel Siaga Khusus Lebaran di Kantor Basarnas Makassar di Makassar, Senin.

Pengecekan personel siaga Lebaran 2022 serta kendaraan yang akan digunakan di lapangan, kata dia, juga harus dilakukan sehingga kegiatan pengamanan dan pelayanan angkutan Lebaran dapat berjalan dengan baik dan optimal.

"Arus mudik tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan arus penumpang dan mobilitas warga sehingga perlu diantisipasi," ucapnya.

Baca juga: Basarnas Ambon siapkan personel siaga SAR jelang Idul Fitri

Ia menjelaskan Siaga SAR Khusus Lebaran tersebut bertujuan mengantisipasi kondisi darurat kecelakaan transportasi secara profesional, sesuai instruksi dan arahan Kepala Basarnas Pusat Marsekal Muda TNI Henri Alfiandi.

Ia juga menekankan kepada seluruh petugas Siaga SAR Khusus Lebaran 2022 agar tetap semangat, menjaga kesehatan, dan menunaikan kewajiban dengan penuh tanggung jawab, sesuai dengan visi dan misi.

"Petugas Siaga SAR Khusus juga harus selalu menjalin kerja sama yang baik dengan Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, BMKG, pemda, pengelola jalan tol, RS rujukan, serta instansi lain, untuk mewujudkan pelayanan SAR yang optimal terhadap pemudik," kata Djunaidi.

Personil yang diturunkan dalam Siaga SAR Khusus Lebaran 2022 berjumlah 121 orang. Mereka diturunkan di seluruh wilayah Sulsel, seperti Kota Makassar, Palopo, Pare-Pare, Kabupaten Bone, Kepulauan Selayar, Bantaeng, dan Masamba.

Fokus tugas mereka di pelabuhan, bandar udara, terminal, serta beberapa lokasi wisata yang ramai dikunjungi masyarakat.

Baca juga: Siaga SAR khusus Lebaran, Basarnas Mamuju siagakan 78 personel
Baca juga: Basarnas gelar simulasi SAR di Dermaga Eksekutif Merak hadapi mudik

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022