Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, terus menggenjot vaksinasi COVID-19 dosis penguat bagi masyarakat daerah itu guna mencegah penularan virus corona selama masa liburan Lebaran 2022.

"Pemerintah Kabupaten Kupang bersama instansi terkait sudah sepakat untuk menggenjot kegiatan vaksinasi COVID-19 dalam mencegah penularan virus corona," kata Pelaksana Tugas Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Kupang Pandapotan Siallagan ketika di hubungi di Kupang, Senin.

Baca juga: Puskesmas di Kota Kupang tetap melayani vaksinasi COVID-19

Dia mengatakan, hal itu terkait upaya Pemerintah Kabupaten Kupang dalam mencegah penularan COVID-19 selama liburan Lebaran 2022.

Menurut dia, sesuai hasil rapat kordinasi percepatan vaksinasi COVID-19 yang berlangsung di Polres Kupang pada pekan lalu telah disepakati untuk memperluas pelayanan vaksinasi bagi masyarakat.

Pelayanan vaksinasi, kata dia, segera dilakukan hingga ke kecamatan-kecamatan sehingga masyarakat yang belum melakukan vaksinasi bisa menerima vaksin COVID-19 baik dosis pertama, kedua maupun dosis penguat.

Baca juga: Pemkab Manggarai Barat lakukan terobosan kejar target vaksinasi

Ia mengatakan, percepatan vaksinasi untuk dosis penguat terus dilakukan pada semua fasilitas kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit, dan pelayanan vaksinasi masal.

"Kami mendorong warga Kabupaten Kupang yang belum melakukan vaksinasi agar melakukan vaksin sehingga tidak mudah terpapar COVID-19," kata Pandapotan Siallagan.

Dia menambahkan cakupan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Kupang untuk dosis pertama telah dilakukan terhadap 228.312 orang atau 81,13 persen dari 281.419 sasaran vaksinasi.

Sementara untuk dosis kedua telah dilakukan terhadap 147.779 sasaran atau 52,51 persen dan dosis penguat baru menyentuh 24.171 sasaran atau 8,55 persen.

Baca juga: HNSI Kota Kupang minta pemkot gelar vaksinasi di pangkalan nelayan

"Masih banyak warga Kabupaten Kupang yang telah melakukan vaksinasi dosis pertama dan kedua tetapi belum melakukan vaksinasi untuk dosis penguat. Kami berharap agar segera melakukan vaksinasi sehingga memiliki imunitas yang memadai dalam menghadapi paparan virus corona," katanya.
 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022