Palembang (ANTARA News) - Pecatur Indonesia GM Susanto Megaranto dan WGM Irene Kharisma Sukandar membuat langkah awal gemilang dengan mengalahkan pasangan Thailand Saphong Hansing dan Chanida Taweesupmun pada babak pertama nomor pasangan campuran.

Pada pertandingan yang digelar di Hotel Swarna Dipa Palembang, Sabtu sore, Susanto Megaranto (2537) yang mengendalikan buah hitam memaksa Saphong Hansing (1886) menyerah pada langkah ke-43.

Sementara Irene Kharisma Sukandar (2350) yang memegang buah putih harus menunggu hingga langkah ke-54 untuk membuat Chanida Taweesupmun (1826) merubuhkan rajanya.

Sukses pasangan campuran Indonesia itu disambut suka cita oleh kontingen Indonesia yang ikut menyaksikan pertandingan.

"Ini langkah awal yang sangat baik sekaligus menjadi penyemangat untuk menghadapi babak selanjutnya," ujar manajer tim catur Indonesia, Rikardo.

Pada babak kedua yang akan dilangsungkan di tempat yang sama, Minggu (13/11), Susanto-Irine akan melayani pasangan asal Thailand, GM Oliver Barbosa (2571) dan WIM Catharine Perena (2083).

Pada babak pertama, duo pecatur dari negeri gajah putih itu juga mencatat sukses dengan skor 2-0 setelah menjungkalkan pasangan asal Myanmar, FM Zaw Oo (2274) dan May Hsu Lwin (2112).

Di meja lain, pasangan campuran Vietnam GM Dao Thien Hai (2505) dan WGM Nguyen Thi Thanh An (2300) mengalahkan pasangan Malaysia, IM Lim Yee-Weng (2253) dan WFM Nur Najiha Hisham (1867) juga dengan skor 2-0.

Andalan Indonesia IM Dede Liu (2375) dipaksa menyerah oleh pecatur Filipina GM Jhon Paul Gome (2506) pada babak kedua nomor catur buta. Pada babak pertama Dede bermain remis melawan rekannya sesama pecatur Indonesia, IM Purnama Tirta Chandra (2384).

Purnama Tirta Chandra sendiri kembali bermain remis pada babak kedua ketika bertemu pecatur Malaysia, IM Mok Tze Meng (2363).

Pada babak ketiga dan keempat yang akan berlangsung Minggu (13/11), Dede Liu masing-masing akan meladeni pecatur Filipina GM Darwin Laylo (2502) dan pecatur Malaysia Mok Tze Meng, sementara Purnama Tirta Chandra akan melayani pecatur Vietnam GM Nguyen Anh Dung (2438) dan pecatur Myanmar IM Myo Naing (2317).

Sementara pada babak pertama nomor catur ASEAN, pecatur Indonesia Taufik Halay bermain resmis melawan pecatur Vietnam, Nguyen Huynh Minh Huy.

Taufik mendapat bye pada babak kedua yang akan berlangsung Minggu (13/11), sementara pada babak ketiga yang digelar Senin (14/11) akan bertemu pecatur Myanmar, Wynn Zaw Htun.

Cabang catur SEA Games ke-26 memperebutkan sembilan set medali. Selain nomor pasangan campuran, catur buta dan catur ASEAN, nomor catur standar perseorangan putra dan putri, catur cepat putra dan putri, serta nomor catur kilat putra dan putri baru akan memulai pertandingan pada Kamis (17/11).

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011