Palembang (ANTARA News) - Hujan deras mengguyur pembukaan pameran Sriwijaya International Expo yang digelar untuk memeriahkan Sea Games XXVI di Komplek Dekranasda, Jakabring, Palembang.

ANTARA yang memantau di sekitar kawasan Stadion Jakabaring, Palembang, Sabtu malam, melaporkan bahwa terjadi kemacetan yang panjang untuk bisa masuk dalam venue pameran Sriwijaya International (SI) Expo 2011 bahkan sampai pembukaan selesai.

"Hujan ini kita harapkan akan menambah rezeki yang lebih banyak," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu, ketika membuka acara SI Expo 2011.

Sepanjang acara pembukaan yang dimeriahkan tarian gending sriwijaya, tarian regap gempita, hingga penampilan penyanyi Iyet Bustami hujan tidak berhenti.

Bahkan pertunjukan kembang api pun dibatalkan mengingat cuaca yang tidak mendukung.

Keluar dari arena pameran yang digelar untuk memeriahkan Sea Games sekaligus mencari mitra bisnis, investasi, dan perdagangan itu kemacetan panjang terjadi hingga sulit untuk keluar dengan cepat dari kawasan Stadion Jakabaring.

Selain hujan yang tidak berhenti mengguyur, pemadaman listrik pun terjadi di seputar Kota Palembang.

Sriwijaya International Expo tahun ini merupakan pameran produk kreatif yang dirangkai dengan festival seni dan budaya yang menjadi agenda rutin di mana tahun ini memasuki pengelenggaraan ke-20.

Acara yang digelar di Komplek Dekranasda, Jakabaring-Palembang itu berlangsung pada pada 12-20 November 2011.

Tahun lalu ajang serupa mampu membukukan kontrak dagang senilai Rp35 miliar dan tahun ini diharapkan meningkat menjadi di atas Rp40 miliar-Rp45 miliar melalui berbagai produk kreatif yang ditawarkan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu, saat membuka acara Sriwijaya International Expo, mengatakan, acara tersebut diharapkan mampu memeriahkan penyelenggaraan Sea Games yang memberikan multiplier effect yang luas bagi masyarakat Palembang dan sekitarnya.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan hiburan tersendiri bagi delegasi dan masyarakat karena Sea Games banyak memberikan dampak termasuk kunjungan wisatawan yang semakin meningkat," katanya.

Ia berharap semua pihak dapat mengambil momentum kedatangan tamu dan delegasi Sea Games sehingga mampu mengembangkan potensi daerah Palembang dan sekitarnya.

Menurut dia, banyaknya peserta yang turut serta dalam pameran menjadi indikator atau pertanda potensi yang luar biasa dari Palembang khususnya untuk bisa dikembangkan lebih jauh.

Acara Sriwijaya International Expo 2011 yang bertema The Spirit of Prameswara dirangkai dengan Pekan Budaya Seni dan Film yang mengambil tema Melalui Seni dan Budaya Membangun Karakter Bangsa.

Pekan Budaya Seni dan Film digelar pada 12-16 November 2011 di Benteng Kuto Besak, Palembang.

(H016)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011