Kendari (ANTARA) - Basarnas Kendari, Sulawesi Tenggara, menyiagakan sebanyak 122 personel khusus dalam mengawal Idul Fitri 1443 Hijriah di wilayah kerjanya.

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi di Kendari, Senin, mengatakan pihaknya telah menggelar apel siaga SAR Khusus Lebaran 2022 di pelataran Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari yang diikuti seluruh personel Basarnas Kendari.

"KPP Kendari menyiapkan personel sebanyak 122 orang dalam pelaksanaan siaga SAR khusus Lebaran tahun ini," katanya.

Baca juga: Basarnas Cilacap siagakan 64 personel pada masa Lebaran 2022

Dia mengatakan kegiatan siaga SAR khusus Lebaran tahun ini berlangsung dari tanggal 25 April hingga 10 Mei 2022.

Apel siaga SAR khusus Lebaran 2022 dilaksanakan agar terwujudnya pelayanan SAR yang profesional, sinergi, dan militan bekerja sama dengan kementerian/lembaga terkait dengan selamat dan aman sejalan dengan protokol kesehatan COVID-19.

Baca juga: Basarnas Sulsel siagakan personel dukung mudik Lebaran 2022

Ia menekankan jajarannya agar menjaga profesionalisme dalam menjalankan tugas memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan pelayanan SAR di mana dan kapanpun dibutuhkan.

"Seluruh personel siaga SAR khusus Lebaran agar menjaga sinergitas antarpelayan masyarakat baik TNI/Polri maupun seluruh potensi SAR," ujar dia.

Selain itu, dia juga menekankan jajarannya agar menjaga kekompakan di lokasi kecelakaan dan bencana dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat korban bencana maupun kecelakaan.

Baca juga: Basarnas Ambon siapkan personel siaga SAR jelang Idul Fitri

"Tidak kalah pentingnya adalah agar seluruh personel siaga SAR khusus Lebaran harus mempunyai jiwa militan dalam mengemban tugas karena tugas SAR adalah tugas kemanusiaan yang memiliki medan operasi cukup berat," kata Aris.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022