Kabupaten Bogor (ANTARA) - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyiagakan 11 unit mobil tangki air bersih untuk mengantisipasi gangguan pengaliran air selama libur Lebaran tahun ini.

"Kami menyiapkan 11 unit mobil tangki air bersih berkapasitas 4.000 liter," ungkap Direktur Umum Perumda Air Minum Tirta Kahuripan, Abdul Somad di Cibinong, Bogor, Senin.

Perusahaan plat merah milik Pemrintah Kabupaten (Pemkab) Bogor itu juga menyiagakan 388 petugas bagian teknik dan non-teknik selama 24 jam. Kemudian, sebagai penunjangnya Tirta Kahuripan menyediakan stok pompa, bahan kimia, serta persiapan yang cukup.

"Pada saat ini Perumda Air Minum Tirta Kahuripan telah melayani 26 kecamatan dari 40 kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor," tuturnya.

Abdul Somad menyebutkan, pihaknya juga mengantisipasi perubahan pola pemakaian air selama Ramadhan dengan memastikan ketersediaan pasokan air.

"Jam puncak penggunaan bergeser ke saat sahur dan buka puasa hingga tarawih. Sehingga diperlukan strategi dan antisipasi untuk menjamin pengaliran kepada pelanggan," kata Abdul Somad.

Menurutnya, dengan adanya peningkatan waktu pemakaian air bersih, Tirta Kahuripan kini lebih siaga menjaga pasokan air untuk pelanggan.

Cara memastikan ketersediaan air untuk pelanggan dilakukan Tirta Kehuripan dengan sering melakukan inspeksi ke cabang pelayanan dan Instalasi Pengolahan Air (IPA), sekaligus memastikan penerapan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) guna menjaga kualitas, kuantitas, dan kontinuitas pengaliran dapat tetap berjalan.

Di samping itu, Abdul Somad menyebutkan bahwa saat ini Tirta Kahuripan juga berupaya menjaga kapasitas produksi air bersih di tengah ancaman air baku dari sungai yang tercemar limbah. Hal tersebut dapat berdampak pada pengaliran air pada pelanggan.

Meski begitu, menurutnya manajemen telah membentuk tim reaksi cepat untuk antisipasi apabila terjadi gangguan pengairan hingga keadaan dapat normal kembali.

“Pelanggan agar bijak dalam menggunakan air dan juga pada saat air sedang mengalir diimbau untuk dapat menampung air. Apabila terjadi gangguan, pelanggan dapat menghubungi Call Center di nomor 1500412," kata Abdul Somad.(KR-MFS)

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022