Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota Metro, Lampung, melakukan kerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) terkait pembinaan ideologi Pancasila.

Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin dalam keterangannya, Senin, menjelaskan bahwa kerja sama dilakukan untuk meningkatkan pembinaan ideologi Pancasila di Kota Metro, Lampung. Pihaknya ingin Pemkot Metro mampu menguatkan tatanan masyarakat yang berpegang teguh pada nilai Pancasila.

Baca juga: Kepala BPIP tegaskan Pancasila adalah sejarah dan masa depan bangsa

“Kami berharap penguatan SDM khususnya terkait pembinaan ideologi Pancasila bisa terserap dan terejawantahkan dengan baik. Sehingga akan terjadi perubahan lebih baik dan Kota Metro bisa menjadi contoh yang baik atas keberagaman serta menjadi pintu perdamaian," katanya.

Dengan kerja sama ini, pihaknya ingin generasi muda di Kota Metro memahami konsep Pancasila agar tidak terjerumus kepada hal yang negatif.

Baca juga: BPIP tuntaskan bahan ajar Pancasila untuk PAUD hingga perguruan tinggi

"Ini salah satu upaya agar generasi muda di Kota Metro tidak terjerumus ke hal yang negatif," ucapnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Kepala BPIP Yudian Wahyudi. Dia mengharapkan Kota Metro bisa menjadi contoh dalam menyebarkan nilai Pancasila dengan tetap menjaga akar sejarah bangsa.

Baca juga: BPIP optimalkan pembinaan Ideologi Pancasila lewat medsos

“Bahwa pada waktu yang lalu, pluralitas menjadi keniscayaan bagi bangsa kita. Sehingga esensi dan cara untuk melaksanakan perintah Tuhan kepada kita yaitu melalui gotong royong dalam membangun peradaban yang pada intinya kita bisa menjadi saudara satu konstitusi, saudara seiman, dan saudara sebangsa," katanya.

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi/Hendra Kurniawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022