gerai layanan vaksinasi COVID-19 ini sangat membantu pemudik
Pangkalpinang (ANTARA) - Pos Koordinasi Angkutan Laut Pelabuhan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka pelayanan vaksin COVID-19, guna memudahkan pemudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah mendapatkan layanan vaksinasi.

"Layanan vaksinasi ini untuk memudahkan para pemudik yang belum vaksin untuk vaksinasi COVID-19," kata Ketua Pos Koordinasi Angkutan Laut Pelabuhan Pangkalbalam Ferdiansyah di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan layanan vaksinasi COVID-19 bagi para pemudik ini merupakan kerja sama KSOP dengan Balai Kesehatan Pelabuhan Pangkalbalam, guna meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat dari virus corona.

Selain itu, layanan gerai vaksinasi di terminal penumpang kapal Pelabuhan Pangkalbalam ini juga untuk meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menurun selama bulan puasa Ramadhan tahun ini.

"Alhamdulillah, gerai layanan vaksinasi COVID-19 ini sangat membantu pemudik untuk memenuhi persyaratan mudik yang ditetapkan pemerintah," ujarnya.

Baca juga: Terminal Pulo Gebang buka pos pelayanan vaksinasi "booster"
Baca juga: Polres Karawang siapkan tenda vaksinasi penguat bagi pemudik di KM 57


Menurut dia syarat mudik tahun ini yaitu pemudik wajib vaksin. Selain itu, bagi pemudik yang baru vaksin dosis 1 harus melakukan PCR, vaksin dosis 2 cukup antigen, dan vaksin dosis 3 tidak perlu melakukan PCR/antigen.

"Bagi pemudik yang belum vaksin tidak bisa mudik dan langkah ini untuk mencegah lonjakan kasus COVID-19 selama arus mudik dan lebaran nanti," katanya.

Ia mengimbau para pemudik sebelum melakukan mudik untuk memenuhi dokumen persyaratan yang telah ditetapkan Satgas Penanganan COVID-19, agar perjalanan menuju kampung halamannya berjalan lancar.

"Kami meminta masyarakat tidak memaksakan diri untuk berangkat apabila kapal terisi penuh, karena ini berpotensi terjadi kecelakaan kapal saat melakukan perjalanan," katanya. 

Baca juga: Program Sejuta Vaksin Booster Polri capai 72,38 persen

Pewarta: Aprionis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022