Jakarta (ANTARA) - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno mengatakan bahwa Persija secara resmi sudah meminta pihaknya untuk memverifikasi Jakarta International Stadium (JIS) menjelang dimulainya Liga 1 musim 2022-2023.

“Persija meminta JIS untuk diverifikasi, tetapi hanya untuk diverifikasi saja,” ujar Sudjarno kepada pewarta di Kantor LIB, Jakarta, Senin.

Persija, menurut purnawirawan polisi berpangkat akhir Inspektur Jenderal itu, baru sebatas mengajukan verifikasi dan belum memastikan JIS sebagai kandang mereka di Liga 1 Indonesia 2022-2023.

Menurut Sudjarno, selain Persija, belum ada klub Liga 1 Indonesia lain yang memohon agar LIB memverifikasi stadion yang berpotensi digunakan selama Liga 1 2022-2023, termasuk tiga klub promosi RANS Cilegon FC, Martapura Dewa United dan Persis Solo.

Baca juga: Liga 1 2022-2023 direncanakan berpenonton di stadion dan "home-away"

Liga 1 Indonesia musim 2022-2023 rencananya bergulir pada Juli 2022. Kompetisi ini dirancang dengan format kandang-tandang (home and away) atau sama seperti format Liga 1 sebelum pandemi COVID-19. Sebelumnya, pada musim 2021-2022, Liga 1 dilaksanakan dengan sistem seri dan gelembung (bubble).

Selain itu, LIB mengajukan agar Liga 1 2022-2023 dapat berlangsung dengan penonton di stadion sejumlah 100 persen dari kapasitas maksimal.

Dengan demikian, semua klub tuan rumah nantinya wajib menjalankan prosedur menghadirkan penonton saat pandemi COVID-19, termasuk dengan menggunakan perangkat lunak LIB untuk menyaring suporter. LIB mewajibkan semua penonton di Liga 1 2022-2023 sudah menerima vaksin penguat.

“Semua klub akan mengelola sendiri semuanya termasuk terkait pertiketan,” tutur Sudjarno.

Baca juga: Anies pastikan Persija akan bermain di JIS dan 'Bepe' penendang awal

Adapun Stadion Internasional Jakarta (JIS) merupakan stadion sepak bola dengan kapasitas maksimal 82 ribu penonton yang selesai dibangun pada tahun 2022. Proses konstruksi dilakukan selama tiga tahun berikut dua lapangan latihan yang ada di dekatnya.

Lapangan JIS menggunakan rumput padu (hybrid). Lima persen dari rumput itu buatan (sintetis) berjenis “limonta” dan sisanya rumput alami dari spesis Zoysia matrella yang berasal dari Boyolali, Jawa Tengah.

JIS belum dibuka secara penuh. Peluncuran awal (soft launching) dilakukan pada 19 April 2022 atau pada hari laga final turnamen sepak bola junior internasional International Youth Championship (IYC) 2021.

Baca juga: Persija Jakarta resmi tunjuk Thomas Doll jadi pelatih
Baca juga: Persija resmi lepas Marco Motta

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022