ini rutin kami laksanakan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KA jarak jauh
Madiun (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daops) 7 Madiun menyediakan takjil untuk berbuka puasa gratis bagi pelanggan pengguna jasa kereta api jarak jauh yang sedang menunggu di stasiun sebagai wujud meningkatkan layanan saat bulan suci Ramadhan 1443 H.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko di Madiun, Senin, mengatakan takjil gratis dibagikan kepada pelanggan yang telah melakukan "boarding" pada pukul 17.00 WIB atau 1 jam sebelum waktu berbuka puasa selama 10 hari terakhir Ramadhan, yakni 22 April sampai dengan 1 Mei 2022.

"Program pemberian takjil ini rutin kami laksanakan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KA jarak jauh selama masa Angkutan Lebaran 2022. Dengan adanya takjil gratis ini, pelanggan tidak perlu repot menyiapkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa saat berada di stasiun," ujar Ixfan.

Baca juga: Daop 7 dan komunitas pecinta KA sosialisasikan antipelecehan seksual

Setiap pelanggan akan mendapatkan 1 paket takjil yang berisikan roti, air mineral dan kurma yang dapat dimanfaatkan untuk berbuka puasa.

Secara total, ada sebanyak 34.400 paket takjil yang disediakan dan disebar di 21 stasiun.

Sebanyak 21 stasiun tersebut yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Purwosari, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, Jember, Medan dan Kertapati.

Baca juga: Petugas PT KAI evakuasi kendaraan tersangkut di perlintasan Kediri

"Dengan adanya program takjil gratis ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan di masa Angkutan Lebaran 2022 ini," kata dia.

PT KAI berpesan kepada pelanggan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker kembali setelah selesai makan dan minum.

Selain itu, KAI juga konsisten menegakkan protokol kesehatan sesuai aturan dari pemerintah untuk menjadikan perjalanan mudik dan balik menggunakan kereta api yang selamat, nyaman, dan sehat.

Baca juga: KAI Daop Madiun sediakan 61.864 tiket KA untuk Lebaran 2022

Secara umum sampai dengan 24 April, untuk periode keberangkatan 22 April sampai dengan 13 Mei, KAI telah menjual 1.444.135 tiket atau 56 persen dari total kapasitas tempat duduk KA jarak jauh yang disediakan.

Tanggal yang menjadi favorit masyarakat untuk mudik adalah keberangkatan 29 dan 30 April, atau H-3 dan H-2 Lebaran.

Baca juga: Daop 7 sediakan delapan perjalanan KA tiap hari selama Lebaran 2022
 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022