Dari 50 sopir yang dites secara acak, hasil tes urine semua negatif
Sidoarjo (ANTARA) - Puluhan pengemudi bus di Terminal Purabaya Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, mengikuti tes urine sebagai upaya mencegah penyalahgunaan narkoba saat perjalanan mudik Lebaran 2022/ Idul Fitri 2022.

Pelaksanaan tes urine tersebut digelar oleh Satuan Reserse Narkoba Polresta Sidoarjo kepada puluhan pengemudi bus yang dipilih secara acak di Terminal Purabaya, Bungurasih, Waru, Sidoarjo, Senin.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro mengatakan ada puluhan sopir dari berbagai PO yang terpilih untuk dilakukan tes urine di lokasi.

Baca juga: 156 sopir jalani tes urine di Terminal Kalideres

"Dari 50 sopir yang dites secara acak, hasil tes urine semua negatif,” ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro.

Ia mengatakan pelaksanaan tes urine tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas selama masa mudik Lebaran yang diakibatkan dari kelalaian sopir bus mengkonsumsi narkoba atau obat-obatan terlarang.

"Sehingga diharapkan kondisi sopir saat mengendarai bus selalu terpantau sehat dan penumpang aman dan nyaman," ujarnya.

Baca juga: Ratusan sopir bus di Kalideres jalani tes urine jelang arus mudik

Ia mengatakan tes urine bagi sopir bus di kawasan Terminal Purabaya Bungurasih akan terus dilakukan secara acak dan tak terduga sehingga mudik lebaran berlangsung aman nyaman dan lancar.

"Jika ditemukan hasil tes urine yang positif, kami akan langsung memanggil PO bus agar diminta mengistirahatkan sopir atau kondektur yang terindikasi positif. Sementara yang bersangkutan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh Satresnarkoba Polresta Sidoarjo," ujarnya.

Baca juga: Terminal Kalideres gelar tes urine untuk sopir bus mulai bulan ini

Selain melakukan tes urine, pihaknya juga memasifkan pelaksanaan vaksinasi penguat kepada calon penumpang yang ingin menggunakan jasa angkutan bus.

"Vaksinasi akan terus kami lakukan supaya penyebaran virus corona atau COVID-19 bisa dicegah dengan menciptakan kekebalan komunal," ujarnya.

Baca juga: Petugas Rutan Surakarta jalani tes urine antisipasi narkoba

Baca juga: Polresta Sidoarjo sita 27,5 kilogram bahan petasan jelang Lebaran

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022